Jumat, 10 Mei 2024

WhatsApp Bisnis Mulai Berbiaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Foto: outletz.id

Layanan pesan milik Facebook, WhatsApp, akan mulai mengenakan biaya bagi pengguna layanan WhatsApp bisnis untuk mengirim pesan pemasaran dan layanan pelanggan, karena menghadapi perlambatan pertumbuhan penggunaan dan pendapatan.

Antara melansir dari Reuters, pesan akan dikenakan biaya tetap untuk pengiriman yang dikonfirmasi, mulai dari 0,5 sen hingga 9 sen per pesan, tergantung pada negara pengguna.

Facebook telah mencari cara untuk memonetisasi layanan WhatsApp-nya dalam menghadapi meningkatnya biaya karena menghabiskan banyak uang untuk meningkatkan perlindungan privasi dan mengatasi kekhawatiran tentang kecanduan media sosial.

WhatsApp, yang memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna, mengatakan bahwa mulai Rabu (1/8/2018), pengguna layanan WhatsApp bisnis dapat menggunakan API WhatsApp Business untuk mengirim pemberitahuan seperti konfirmasi pengiriman, pengingat janji bertemu, dan tiket acara.

WhatsApp mengakui mengenakan tarif premium dibandingkan dengan tarif SMS. Operator nirkabel biasanya mengenakan biaya untuk layanan bisnis jauh di bawah satu sen per SMS.

Pada Januari, WhatsApp mengumumkan akan mulai memungkinkan akun bisnis kecil untuk berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp Bisnis, yang memiliki lebih dari 3 juta pengguna aktif. Chief operating officer Matt Idema mengatakan pada saat itu bahwa WhatsApp bermaksud untuk mengenakan biaya bagi layanan bisnis di masa depan. (ant/bas/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs