Jumat, 29 Maret 2024

Kemenkominfo Upayakan Peningkatan Talenta Digital Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Johnny Gerard Plate Menteri Kominfo dalam acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Fresh Graduate Academy (FGA) dan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2020, di Jakarta, Selasa (17/12/2019). Foto: Humas Kemenkominfo

Joko Widodo Presiden menyebutkan, salah satu faktor kunci untuk mendorong keunggulan kompetitif di era baru ini adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara itu, berdasarkan Laporan World Bank tahun 2016, Kebutuhan Talenta Digital Indonesia mengalami kekurangan tenaga kerja bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebanyak 9 juta orang sepanjang tahun 2015-2030.

Artinya, ada pekerjaan rumah bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menghasilkan rata-rata 600 ribu orang talenta digital dalam satu tahun.

Guna memenuhi kebutuhan akan SDM di bidang digital, pada 2018 Kominfo mulai menginisiasi Program Digital Talent Scholarship (DTS) dengan memberikan beasiswa pelatihan keterampilan teknis bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk 1000 orang peserta terpilih.

“Sambutan publik begitu luar biasa pada saat itu, salah satunya ditunjukkan dengan jumlah pendaftar sebanyak lebih dari 46.000 orang,” ujar Johnny Gerard Plate Menteri Kominfo dalam acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Fresh Graduate Academy (FGA) dan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2020, di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Pada tahun 2019, Program DTS memberikan beasiswa kepada 25 ribu orang. Peserta terbagi ke dalam 4 jenis akademi yakni FGA, VSGA, Coding Teacher Academy (CTA), dan Online Academy (OA).

Setiap peserta dibekali technical skill serta soft skill untuk menunjang perkembangan karier.

Bahkan, Program DTS 2019 juga membantu peserta mencari kerja melalui coaching clinic dan platform Simonas Kominfo yang telah dimanfaatkan oleh setidaknya 90 perusahaan nasional untuk menyerap lulusan DTS.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs