Kamis, 25 April 2024

Mahasiswa Kakak Beradik Luncurkan Aplikasi Bimbel Masuk Perguruan Tinggi

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Moch Siswan Irfandi dan Moch Siswan Afandi saat menunjukkan karya aplikasi Zeniora Edication. Foto: istimewa.

Ratusan pelajar SMA dari Surabaya dan Sidoarjo memenuhi ruang pertemuan para pelaku Startup, Satu Atap di Jalan Pacar Surabaya, Jumat (27/9/2019). Mereka menjadi saksi peluncuran Aplikasi Zeniora Education. Sebuah aplikasi cerdas untuk Bimbingan Belajar (Bimbel) mandiri.

Pelajar SMA dari Surabaya dan Sidoarjo itu menjadi saksi peluncuran karya kreatif dua mahasiswa bersaudara yakni Moch Siswan Irfandi dan Moch Siswan Afandi. Moch Siswan Irfandi adalah mahasiswa Semester 5 Teknik Perminyakan ITB. Adiknya,
Moch Siswan Afandi duduk di Semester 7 Teknik Elektro ITS. Keduanya alumni SMAN Taman Sidoarjo.

Dua mahasiswa itu meluncurkan aplikasi yang membawa banyak manfaat untuk adik-adiknya. Selain efektif dan praktis, Zeniora Edication adalah aplikasi bimbil yang diyakini lebih jitu menembus PTN ternama. Semisal ITB, UGM UI, ITS, Unair, dan kampus lain. Ada puluhan ribu jenis soal yang diformulakan khusus untuk menembus ujian tulis PTN.

“Mau masuk PTN?” Teriak Afandi membuka talk show bersama seratus siswa. Semua siswa pun kompak menjawab, “Zeniora dulu..!” Jawaban gemuruh dan kompak itu begitu semangat dan terus menyimak kegunaan aplikasi tersebut.

“Sebenarnya bukan baru-baru amat karena banyak siswa yang sudah mengenal dan mengunduh melalui play store maupun app store. Hari ini launching resminya,” kata Afandi, adik Irfandi.

Dalam aplikasi Zeniora ini, pengguna akan dimudahkan dan dibikin tidak bosan dengan materi latihan soal. Semua dibuat berjenjang dan menyenangkan. Ada soal ada pembahasan. Selain itu ada pula sistem sehingga siswa bisa berpikir sistematis.

Banyak fitur dan menu yang bisa dimanfaatkan dalam Aplikasi karya kolaboratif ITS ITB ini. Sebenarnya selain kedua saudara lembaga Irfandi dan Afandi, ada juga satu anggota tim Zeniora, Amalia Aisyah Alumnus Statistika yang lulus 2017 kemarin. Ketiganya tim Zeniora Education.

Begitu duduk di semester tiga, dua saudara kembar itu teringat saat dirinya dan banyak teman yang lain berjuang dan harus membayar mahal saat bimbel masuk PTN. “Kami harus mencari solusi atas situasi itu. Tidak hanya murah tapi juga praktis. Cukup bimbel lewat HP,” tambah Irfandi, kakak Afandi.

Sejumlah fitur kaya terkait bimbel online ini akan membawa saasana siswa pengguna bisa betah latihan sendiri. Berbagai kategori soal juga tersaji dalam aplikasi cerdas ini.

Sejumlah fitur dan menu dalam aplikasi berbasis android ini menampilkan menu khusus seperti Simak UI (model soal dan materi yang biasa untuk menembus UI). Kemudian Utul UGM atau menu khusus latihan ujian tulis agar menembus UGM.

Kemudian latihan bimbel khusus kampus ikatan dinas, macam STAN, STIS dan kampus ikatan dinas lain. Selain itu Adapula latihan bimbel untuk menembus Poltek dan kampus Islam.

Selain itu ada pula fitur khusus bimbel Ujian Nasional (UN) bagi siswa kelas XII. “Enak saya sudah coba. Ini pengalaman baru dan bikin semangat,” kata Anita salah satu siswi SMAN Taman. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs