Selasa, 7 Mei 2024

UTBK Gelombang Kedua Kesempatan Siswa Perbaiki Nilai dan Ikuti Tes Peminatan Lain

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Suasana UTBK Gelombang Dua di Kampus Unesa pada Sabtu (11/5/2019). Foto: Humas Unesa

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang kedua di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dimulai hari ini, Sabtu (11/5/2019). Seleksi gelombang kedua ini menjadi kesempatan penting bagi peserta yang ingin memperbaiki nilai atau mengikuti tes di peminatan lain.

Novia Nurul Azmi salah satu peserta UTBK di Unesa dari Sidoarjo mengatakan, ia berharap dapat memperbaiki nilai karena mengaku sedikit ragu dengan nilai yang didapatkannya di gelombang pertama.

“Memang, udah niat ikut dua gelombang karena sejak awal ingin punya perbandingan nilai, mana yang layak untuk masuk PTN. Apalagi nggak yakin juga sama (nilai, red) yang kemarin. Semoga hasilnya yang sekarang ini lebih baik,” ujar Novia pada Sabtu (11/5/2019).

Sementara, UTBK gelombang kedua juga bisa dimanfaatkan bagi mereka yang mencoba peruntungan di peminatan lain. M. Rofi Udin salah satunya. Ia mengambil tes soshum di gelombang kedua setelah mengambil tes bidang saintek di gelombang pertama.

“awalnya saya berminatnya masuk ke jurusan Teknik elektro, tetapi dengan pertimbangan orang tua menyarankan mengambil bidang pendidikan. Ya nanti lihat mana yang lebih baik, semoga bisa masuk PTN,” katanya.

Slamet Setiawan Koordinator pelaksana UTBK Unesa mengatakan hal serupa. Ia mengatakan bahwa gelombang kedua ini merupakan kesempatan baik meraih nilai tinggi. Menurutnya, para peserta dapat belajar dari pengalaman gelombang pertama.

“Peserta kan sudah relatif tahu pola tesnya. Misalnya soal materi, mereka sudah lebih paham sehingga bisa lebih maksimal menyiapkan. Juga seharusnya tidak ada lagi demam panggung menghadapi teknis pengerjaan di komputer,” ujar Slamet dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net pada Sabtu (11/5/2019).

Meski begitu, Slamet berharap kesiapan peserta dalam tata tertib, terutama persoalan administratif terkait berkas-berkas, agar tidak lupa dibawa. Ia mengingatkan agar peserta bisa lebih menyiapkan diri dan tidak terganggu masalah teknis sehingga mampu mendapat nilai lebih baik. UTBK gelombang kedua digelar pada 11 Mei hingga 26 Mei 2019 mendatang. Nilai UTBK akan dijadikan modal siswa untuk mendaftar di PTN tujuan pada jalur seleksi SBMPTN. (bas)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs