Kamis, 28 Maret 2024

Unesa Siap Kirim Pakar IT Kembangkan Aplikasi Cettar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sosialisasi aplikasi Cettar di Gedung Gema Unesa, Jalan Ketintang, Surabaya, Selasa (19/11/2019) sore. Foto: Istimewa.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyambut baik aplikasi program “Cettar” (Cepat, Efektif dan Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif) yang diluncurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Secara khusus, Fakultas Teknik bahkan siap mengirim sejumlah pakar IT untuk mendukung pengembangan aplikasi dari program yang dicetuskan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim itu.

“Program aplikasi Cettar ini kan juga linier dengan arah kebijakan Fakultas Teknik, sebagai implementasi perwujudan era Revolusi Industri 4.0,” terang Dedy Rahman Prehanto Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unesa usai sosialisasi aplikasi Cettar di Gedung Gema Unesa, Jalan Ketintang, Surabaya, Selasa (19/11/2019) sore.

Sosialisasi yang diikuti sekitar 500 mahasiswa tersebut, digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemprov Jatim hasil kerja sama dengan Fakultas Teknik Unesa.

Hadir dalam sosialisasi, Wahid Wahyudi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mewakili Gubernur Jatim dan Ardo Sahak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim.

Dari pihak Unesa, selain Dedy, hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof Bambang Yulianto, Wakil Dekan Bidang Akademik Edy Sulistyo, serta Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Agus Wiyono. Sementara Rektor Unesa, Prof Nurhasan berhalangan hadir karena sedang bertugas di luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut, juga dipamerkan karya-karya mahasiswa Fakultas Teknik. Termasuk berbagai macam jenis robot, mesin, pakaian, miniatur bangunan bahkan startup digital yang dibuat langsung oleh para mahasiswa. Hasil karya mahasiswa ini pun mendapatkan perhatian dan dukungan dari Pemprov Jatim.

Dedy menambahkan, selain mengirim pakar IT, pihaknya juga akan membantu mensosialisasikan aplikasi Cettar dengan menggerakkan semua SDM IT yang dimiliki Fakultas Teknik Unesa.

“Dengan memviralkan menggunakan media IT, kami berharap aplikasi Cettar akan cepat tersosialisasikan ke seluruh masyarakat Jawa Timur,” ucap Dedy.

Sementara itu Wahid Wahyudi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan menuturkan, aplikasi Cettar ini untuk menjawab tantangan teknologi 4.0 yang serba cepat. Bahan kata “Cettar” saja sudah melambangkan sebuah kecepatan, sebuah respons yang cepat.

“Ini adalah mengikuti sebuah industri 4.0 yang basic-nya adalah teknologi digital, yang esensinya adalah kecepatan,” kata Wahid.

“Kalau dulu ada sebuah kalimat: Ikan besar akan memakan ikan kecil, tapi sekarang kalimat itu berubah: Ikan cepat akan memakan ikan lambat,” sambungnya.

Selain itu, aplikasi Cettar sebagai media untuk menjembatani antara masyarakat Jatim, termasuk masyarakat Indonesia yang berhubungan dengan pelayanan publik Pemprov Jatim.

“Silakan apabila ada masukan-masukan, kritik-kritik terhadap pelayanan publik, termasuk dalam urusan pembangunan, bisa melalui aplikasi Cettar Jatim. Sehingga Pemprov Jatim atas masukan dari masyarakat bisa merespons, bisa memperbaiki,” paparnya.

Secara teknis, Ardo Sahak menambahkan, aplikasi ini untuk menjembatani agar tak ada lagi jarak terkait informasi maupun pengaduan pelayanan publik di Jatim.

“Kalau terjadi hal-hal, misalnya di Pacitan atau Banyuwangi yang perlu disampaikan ke Pemprov Jatim, bisa melalui aplikasi ini yang mempersingkat jarak maupun waktu,” katanya.

Soal mengapa sosialisasi dilakukan di Unesa, menurut Ardo ini yang kedua di lingkungan kampus setelah Universitas Negeri Malang (Unisma).

“Nanti insyaallah 9-10 Desember akan kita sosialisasikan lagi untuk lingkungan kita di Pemprov Jatim. Untuk siapa? untuk teman-teman OPD, termasuk teman-teman Dinas Kominfo kabupaten/kota,” paparnya.

Dengan demikian, tandas Ardo, aplikasi ini semakin dipahami masyarakat Jatim secara luas. “Kalau ini sudah tersosialisasikan secara luas, nanti masyarakat akan terbiasa dengan aplikasi ini,” katanya.(bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs