Selasa, 23 April 2024

Mikroalga Berpeluang Diolah Jadi Biodisel

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ummu Kalsum (berkerudung putih) ditengah-tengah penguji dan kerabat. Foto: Humas ITS

Tertarik teliti Mikroalga untuk biodisel, Ummu Kalsum, mahasiswa doktoral Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), garap penelitian berjudul: Pengembangan Pembuatan Biodiesel dari Mikroalga dengan bantuan Microwave secara In Situ sebagai disertasinya.

Melalui penelitian ini, Ummu Kalsum yang juga berprofesi sebagai dosen Teknik Kimia Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini pun dinyatakan lulus menyandang gelar Doktor dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor.

Ummu Kalsum menerangkan, penelitiannya ini bertujuan untuk mengkaji potensi pengembangan biodiesel dari Mikroalga melalui reaksi transesterifikasi in situ.

Ummu menyebutkan, Mikroalga yang digunakan dalam penelitiannya adalah Mikroalga hijau jenis Chlorella Sp, Spirulina platensis, dan Nannochloropsis occulata.

Selanjutnya, perempuan kelahiran 1969 ini memaparkan bahwa Mikroalga tersebut memasuki proses transesterifikasi menggunakan katalis homogen, yaitu KOH dan H2SO4, serta katalis heterogen, yaitu ZnO dan ZSM-5.

Ummu menjelaskan bahwa penggunaan katalis tersebut ditentukan oleh lipid yang dihasilkan Mikroalga dalam proses ekstraksi. Pada Mikroalga yang menghasilkan asam lemak bebas rendah seperti Chlorella Sp, katalis yang digunakan adalah katalis yang bersifat basa.

“Sebaliknya, untuk mikroalga yang menghasilkan asam lemak tinggi diproses menggunakan katalis asam,” terang Ummu.

Pada penelitian ini pula, Ummu menggunakan gelombang mikro (microwave) sebagai metode pemanasan menggantikan metode pemanasan konvensional.

Menurutnya, penggunaan gelombang mikro menyebabkan waktu reaksi yang diperlukan untuk menghasilkan biodiesel lebih cepat. “Selain itu, kandungan produk yang dihasilkan dari reaksi menggunakan gelombang mikro lebih banyak daripada menggunakan pemanasan konvensional,” tambah Ummu.

Mengenai prospek penggunaan Mikroalga sebagai penghasil biodiesel di Indonesia, perempuan berkerudung ini menilai Indonesia memiliki prospek yang besar.

Pasalnya, Ummu menambahkan bahwa Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan paparan melimpah dari sinar matahari. Sinar matahari itu sendiri merupakan komponen penting dalam fotosintesis Mikroalga.

Tidak hanya itu, ibu dari tiga anak ini menambahkan bahwa Mikroalga merupakan bahan baku generasi ketiga yang tidak bersaing dengan fungsinya sebagai bahan makanan.

Dalam pembudidayaannya, Mikroalga juga tidak membutuhkan banyak lahan. Inilah yang menurut Ummu menjadi nilai tambah Mikroalga dibandingkan bahan baku biodiesel lainnya. Meskipun demikian, Ummu mengaku belum merasa puas dengan hasil penelitiannya.

Menurutnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terutama dalam proses pemurnian biodiesel yang dihasilkannya. Ummu tidak menutup fakta bahwa biodiesel yang dihasilkannya belum memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk biodiesel.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs