Kamis, 25 April 2024

Apple Hapus Puluhan Ribu Aplikasi di App Store China

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi aplikasi App Store. Foto: Pixabay

Lembaga riset Qimai melaporkan Apple menghapus 29.800 aplikasi dari App Store di China.

Dikutip dari Reuters, Minggu (2/8/2020), aplikasi itu dicabut karena masalah lisensi dari regulator game di China. Ada lebih dari 26.000 game yang dihapus. Apple tidak berkomentar atas masalah ini.

Beberapa waktu lalu, Apple  memberi tenggat waktu hingga Juni kepada para penerbit game agar mereka memasukkan nomor lisensi dari pemerintah yang mengizinkan pengguna berbelanja dari dalam aplikasi.

Sebagaimana dikutip Antara, pasar aplikasi Android di China sudah memenuhi regulasi itu, namun belum jelas kenapa Apple memperketat kebijakan mereka tahun ini.

Pada awal Juli, Apple menghapus lebih dari 2.500 aplikasi dari App Store. Pemerintah China sudah lama ingin memperketat regulasi game untuk menghapus konten sensitif.

Seorang sumber dari industri game menyatakan, perizinan untuk mengurus izin pembelian dari dalam aplikasi lama dan rumit.

Manajer pemasaran dari lembaga AppInChina, yang membantu perusahaan asing mendistribusikan aplikasi, Todd Kuhns, mengatakan kebijakan ini berdampak pad pengembang skala kecil dan menengah, terutama dari segi pendapatan.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs