Sabtu, 20 April 2024

Hacker Rusia dan Korea Utara Sasar Peneliti Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, Peretas atau Hacker. Foto: pixabay.com

Raksasa teknologi Microsoft mengatakan peretas yang bekerja untuk pemerintah Rusia dan Korea Utara telah menargetkan lebih dari setengah lusin organisasi yang terlibat dalam penelitian pengobatan dan vaksin Covid-19.

Perusahaan perangkat lunak tersebut mengatakan kelompok peretas Rusia yang biasa dijuluki “Fancy Bear” — bersama dengan sepasang aktor kejahatan siber asal Korea Utara yang dijuluki “Seng” dan “Cerium” oleh Microsoft — terlibat dalam upaya untuk membobol jaringan tujuh perusahaan farmasi dan peneliti vaksin di Kanada, Prancis, India, Korea Selatan dan Amerika Serikat baru-baru ini.

Microsoft mengatakan, mayoritas target mereka adalah organisasi yang sedang dalam proses pengujian vaksin Covid-19. Sebagian besar upaya pembobolan gagal, namun beberapa di antaranya berhasil.

Microsoft menolak menyebutkan organisasi yang menjadi target atau organisasi mana yang telah berhasil dibobol oleh aktor kejahatan siber tertentu, ataupun memberikan waktu atau deskripsi yang tepat tentang upaya peretasan tersebut.

Kedutaan Rusia di Washington — yang telah berulang kali membantah tuduhan keterlibatan Rusia dalam spionase digital — dalam email kepada Reuters yang dilansir Antara, Minggu (15/11/2020) mengatakan bahwa “tidak ada yang bisa kami tambahkan” pada penyangkalan sebelumnya.

Sementara, perwakilan Korea Utara untuk PBB tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar. Pyongyang sebelumnya membantah melakukan peretasan di luar negeri.

Tuduhan spionase dunia maya muncul ketika dunia berlomba-lomba memproduksi vaksin untuk virus corona.

Microsoft mendesak seperangkat aturan global baru yang melarang serangan siber yang menargetkan penyedia layanan kesehatan.

Tom Burt Eksekutif Microsoft mengatakan Microsoft akan mendiskusikannya dalam acara virtual Paris Peace Forum dengan para pemimpin dunia “untuk menegaskan bahwa hukum internasional melindungi fasilitas perawatan kesehatan dan untuk mengambil tindakan dalam upaya menegakkan hukum.” (ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs