Kamis, 18 April 2024

Fitur Recently Deleted Memungkinkan Pengguna Instagram Kembalikan Unggahan yang Dihapus

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tampilan fitur Recently Deleted milik Instagram. Foto: instagram.com

Instagram mempermudah mengembalikan unggahan yang dihapus dengan meluncurkan fitur recently deleted di aplikasi yang memungkinkan pengguna meninjau kembali konten yang telah dihapus, termasuk foto, video, Reels, IGTV dan Stories.

Instagram memposisikan fitur ini untuk melawan peretasan, terutama jika peretas mendapatkan kendali atas akun dan mulai menghapus konten.

“Kami tahu ini adalah sesuatu yang diminta banyak orang, dan kini, untuk pertama kalinya, Anda dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram. Kami juga menambahkan perlindungan untuk membantu mencegah peretas menyusupi akun Anda dan menghapus postingan yang telah Anda bagikan,” ujar Instagram dalam situs resminya.

Untuk memanfaatkan fitur ini, dikutip dari The Verge oleh Antara, Rabu (3/2/2021) pengguna perlu mengonfirmasi bahwa mereka adalah pemilik akun melalui teks atau email untuk menghapus atau memulihkan konten secara permanen.

Item yang dihapus akan tetap berada di folder selama 30 hari, dan jika tidak disentuh, item akan dihapus secara otomatis. Sementara, Stories yang dihapus menjadi pengecualian. Stories yang dihapus dapat bertahan selama 24 jam sebelum dihapus secara permanen.

Untuk mengakses folder postingan yang telah dihapus, dapat membuka Settings > Account > Recently Deleted. Namun, dari pantauan Antara hingga Rabu pagi, fitur baru tersebut belum tersedia di aplikasi Instagram, baik untuk Android maupun iOS.

Instagram sebelumnya telah menawarkan fitur arsip, atau cara untuk menyimpan postingan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Fitur ini memungkinkan orang untuk menyimpan postingan mereka sebagai opsi, jika mereka tidak ingin menghapusnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs