Minggu, 3 Maret 2024

Digempur Medsos Lain, Pengguna Aktif Bulanan Facebook Mencapai 3 Miliar

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
ilustrasi - Sebuah smartphone dengan logo Facebook terlihat di depan tampilan logo rebrand baru Facebook Meta. Foto : Antara

Menurut laporan kuartal Meta, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 3,88 miliar akun. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial tersebut tetap populer meskipun popularitasnya menurun di kalangan generasi muda.

Melansir Antara, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu, juga mencatat pertumbuhan jumlah pengguna aktif harian Facebook. Pada kuartal ini, tercatat ada sebanyak 2,046 miliar pengguna aktif harian, dibandingkan dengan angka 2,037 miliar akun pada kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan itu memulihkan performa Facebook yang dilaporkan mengalami penurunan pengguna aktif harian pada kuartal terakhir di tahun 2021.

Peningkatan tersebut didorong oleh kemunculan Reels, fitur media video serupa dengan TikTok yang dihadirkan oleh Meta di Instagram dan Facebook. Menurut Mark Zuckerberg, Reels mendapatkan 200 miliar kali pemutaran video per hari di Facebook dan Instagram.

“Kami melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan yang lebih penting, kami melihat lebih banyak orang kembali setiap hari daripada yang saya harapkan,” ujar Mark dikutip dari Tech Crunch pada Rabu (26/7/2023) waktu setempat.

Minggu lalu, Mark mengumumkan peningkatan performa dari media sosial baru Meta, Threads, yang sebelumnya mengalami penurunan pengguna aktif. Dia menyatakan bahwa sebanyak 10 juta orang per hari telah kembali menggunakan platform ini, menjadi pesaing bagi Twitter. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
28o
Kurs