Kamis, 18 April 2024

Pengawas Privasi Italia Sebut ChatGPT Langgar Aturan Perlindungan Data

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustasri logo aplikasi ChatGPT. Foto: freepik

Garante pengawas privasi Italia mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberi tahu OpenAI tentang ChatGPT yang diduga melanggar aturan tentang perlindungan data pribadi.

Garante melakukan penyelidikan tahun lalu setelah melarang sementara penggunaan ChatGPT di Italia. Sebab aplikasi chatbot kecerdasan buatan diduga melanggar aturan perlindungan data Uni Eropa.

“Pihak berwenang telah menyimpulkan bahwa elemen yang diperoleh dapat mengonfigurasi satu atau lebih pelanggaran peraturan EU (tentang perlindungan data),” kata Garante dilansir Antara, Selasa (30/1/2024).

OpenAI tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan tanggapan tentang hal ini.

Perusahaan itu saat ini mendapat waktu 30 hari untuk memberikan argumen pembelaan, menurut lembaga pengawas privasi itu.

Ia menambahkan bahwa penyelidikannya juga akan mempertimbangkan pekerjaan yang dilakukan oleh gugus tugas Eropa yang terdiri dari pengawas privasi nasional.

Berdasarkan peraturan EU, perusahaan yang ditemukan melanggar peraturan perlindungan data akan dikenakan denda hingga 4 persen dari omset global perusahaan. (ant/man/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs