Jumat, 1 Juli 2022

Arus Balik Lebaran di Lumajang Lancar, Lalin Mulai Normal Kembali

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Hari ini, Selasa (5/8/2014), arus balik di jalur Lumajang masih terpantau ramai, Meski sudah jauh menurun di banding hari-hari sebelumnya. Namun, arus lalu-lintas terpantau sudah jauh lancar tanpa hambatan. Termasuk di jalur Pasar Tumpah di wilayah Kecamatan Ranuyoso yang sebelumnya menjadi titik rawan macet, saat ini dilaporkan telah lancar tanpa kendala.

Dari pantauan Sentral FM, di titik Pasar Tumpah ini masih ditempatkan petugas gabungan, baik dari Polres Lumajang, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP untuk memastikan di hari-hari terakhir pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2014 berlangsung lancar tanpa kendala.

Totok Suharto Kepala Satpol PP Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM mengatakan, jika pihaknya masih menempatkan dua personel di titik Pasar Tumpah ini. “Dari laporan teakhir yang saya terima, kondisi sekarang ini landai-landai saja. Aretinya arus lalu-lintas telah lancar kembali,” katanya.

Hanya saja, untuk lebih memastikan jalur ini lancar, pihaknya bersama personel gabungan lainnya terus mengamankan jalur ini agar tidak ada pedagang yang berjualan smapai ke badan jalan hingga menganggu kelancaran arus balik.

“Ya itu, di titik ini masih ada satu atau dua oang yang berjualan di badan jalan. Untuk itu, kita memberikan penjelasan agar mereka bisa menerima. Kami meminggirkan mereka agar tidak menghambat arus lalu-lintas,” paparnya.

Sehingga, masih kata Totok Suharto, jika beberapa hari sebelumnya arus kendaraan di jalur ini padat merayap, bahkan sampai macet panjang pada puncak arus mudik dan balik, saat ini telah lancar kembali.

“Lancarnya arus lalu-lintas ini, terbantu dengan belum banyak beroperasionalnya armada truk bermuatan pasir. Seadainya sudah banyak mobil pasir yang beroperasional, mungkin ada potensi hambatan. Saat ini, saya kira bisa dikendalikan dan Alhamdulillah lancar,” pungkas Totok Suharto.

Sementara dari pantauan lainnya di Terminal Minak Koncar Lumajang, penumpang arus balik selama 24 jam terakhir terpantau masih ramai. Hal ini sesuai data di UPT (Unit Pelaksana Tehnis) Terminal yang tercatat, jumlah kedatangan bus mencapai 540 armada yang membawa 6.480 penumpang. Sedangkan untuk bus yang berangkat mencapai 552 armada yang membawa 8.280 penumpang.

Bus yang transit di Terminal terbesar di Kota Pisang ini, rata-rata terpantau sudah penuh sejak dari terminal sebelumnya di Jember. Bahkan, ada sejumlah penumpang dengan tujuan Jogjakarta dan Madura yang tidak terangkut, pada malam kemarin.

Totok Sujarwo Pelaksana Tugas Kepala Dishub Kabupaten Lumajang menyampaikan, dengan data ini berarti di hari-hari terakhir lebaran ini maish ada 2 ribuan penumpang arus balik yang diberangkatkan dari Terminal Minak Koncar Lumajang. “Namun, jumlah ini akan terus menurun pada esok maupun hari-hari berikutnya,” pungkas Totok Sujarwo. (her/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 1 Juli 2022
32o
Kurs