Minggu, 5 Mei 2024

Caleg Wajah Baru Diprekdiksi Dominan di Pileg 2014 Lumajang

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Meskipun rekapitulasi perhitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) yang dilakukan di Kantor KPU Lumajang, Sabtu (19/4/2014) belum final, namun sejauh ini formasi keanggotaan DPRD Kabupaten Lumajang untuk lima tahun mendatang akan mengalami perubahan drastis.

Hasil rekapitulasi diprediksi hanya 30 persen saja anggota Dewan dari total 50 jatah kursi di DPRD yang bisa mempertahankan posisinya. Sementara, 70 persen sisanya merupakan wajah baru yang mendapatkan keunggulan suara dalam pelaksanaan Pileg 2014.

Informasi yang berhasil dihimpun dari KPU Kabupaten Lumajang, meskipun rekapitulasi suara masih berlangsung, namun jatah kursi untuk Parpol sudah terpantau. PDI Perjuangan mendapatkan jatah 10 kursi, PKB 8 kursi, Partai Demokrat 6 kursi, Partai Golkar 6 kursi, Partai Nasdem 6 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, Partai Hanura 2 kursi, PPP 1 kursi dan PAN 3 kursi.

Pudholi Sandra Komisioner KPU Kabupaten Lumajang mengatakan, pada Pileg 2014 terlihat adanya perubahan formasianggota DPRD Kabupaten Lumajang untuk lima tahun ke depan.

“Kemungkinan itu sangat besar terjadi. Kalau dari informasi yang saya peroleh, paling tidak 30 persen yang bertahan dan sisanya adalah wajah baru. Jumlah yang bertahan, belasan orang saja,” kata Pudholi Sandra kepada wartawan, Sabtu (19/4/2014).

Namun sayangnya, dia belum bisa memberikan informasi dan data riil, siapa saja yang bertahan dan yang hengkang dari kursi DPRD Kabupaten Lumajang. Pasalnya rekapitulasi perhitungan suara belum mencapai final.

“Setelah rekapitulasi, nantinya akan dihitung Bilangan Pembagi Pemilihnya untuk menentukan jatah kursi. Setelah itu, baru di break-down dengan perolehan suara Caleg, maka akan ketahuan jelas. Setelah itu, baru ditetapkan,” pungkas Pudholi. (her/wak)

Teks Foto:
– Pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) di KPU Kabupaten Lumajang.
Foto: Sentral FM untuk suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs