Rabu, 22 Mei 2024

Diguyur Hujan, Tebing Jalan di Jalur Selatan Lumajang Longsor Lagi

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lumajang kembali membawa dampak terjadinya bencana longsor. Kali ini, tebing jalan di jalur selatan yang menghubungkan antara Kabupaten Lumajang dan Malang, Jumat (24/1/2014) dinihari, ambrol.

Longsoran terjadi di titik kilometer 58 dekat Gladak (Jembatan) Perak di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Longsoran tebing terjadi sepanjang 3 meter. Tidak hanya tebing jalan saja yang ambrol, namun sebuah pohon berukuran cukup besar juga tumbang akibat peristiwa ini.

Purwanto, SH Sekretaris BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM, mengungkapkan bahwa longsoran ini terjadi sekitar pukul 01.00, setelah diguyur hujan yang cukup lebat. Debit hujan tinggi inilah yang menyebabkan kontur tanah menjadi labil hingga mengakibatkan longsoran.

“Longsor ini dilaporkan oleh relawan yang ada di lokasi, yang selanjutnya kami respon dengan mengerahkan personil untuk mengecek ke lokasi. Ternyata longsoran telah menutup sebagian jalan dan pohon tumbang melintang. Akhirnya kita mengerahkan potensi untuk menangani peristiwa ini,” kata Purwanto, SH.

Bersama-sama dengan masyarakat, personel BPBD kemudian menyingkirkan pohon yang tumbang dengan menggunakan gergaji senso. Selain itu, masyarakat juga bergotong-royong menyingkirkan material longsoran yang menutup separuh badan jalan.

“Longsoran ini berdampak arus lalu-lintas sempat buka tutup. Namun, karena terjadi dinihari tidak berdampak kemacetan karena arus lalu-lintas sepi,” paparnya. Namun, jalur itu bisa dibuka sepenuhnya pagi tadi. Dimana, BPBD Kabupaten Lumajang melalui koordinasi dengan Dinas PU Binamarga mengerahkan alat berat berupa loder ke lokasi kejadian.

“Dengan didatangkannya loder ke lokasi, upaya pembersihan jalur jadi lebih cepat dilakukan. Dan, pagi tadi jalur sudah sepenuhnya dibuka. Meski, sampai saat ini pekerjaan untuk membersihkan jalur masih dilanjutkan. Terutama, untuk memastikan di lokasi tidak terjadi longsor susulan,” demikian pungkas Purwanto, SH. (her/ipg)

Teks Foto :
– Purwanto, SH Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
26o
Kurs