Selasa, 14 Mei 2024

Hari Pahlawan, Polisi Dress Code Pejuang

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Ada yang unik dari penampilan personil Satlantas Polres Lumajang saat bertugas, Senin (10/11/2014). Mereka diwajibkan mengenakan dress code ala pejuang kemerdekaan saat bertugas.

Rata-rata para personel kepolisian yang bertugas mengawal tertib dan disiplin berlalu lintas itu, menggunakan celana tiga perempat layaknya celana pejuang tempo dulu. Tidak hanya itu saja, baju yang dikenakan pun lain dari mahfumnya.

Perubahan penampilan personel kepolisian inipun mengundang perhatian ketika mengamankan jalur di Jl. Alun-Alun Utara saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin Drs H As’at Malik, Mag Wabup Lumajang, Senin (10/11/2014).

AKP Samirin Kasatlantas Polres Lumajang kepada Sentral FM mengatakan, perubahan “wajah” personelnya hari ini, merupakan instruksi dari Dirlantas Polda Jatim, khusus untuk peringatan Hari Pahlawan 10 November ini saja.

“Sebenarnya tidak hanya personel yang bertugas mengatur lalu lintas di jalan saja yang menggunakan dress code ala pejuang kemerdekaan ini. Karena, personel yang melakukan pelayanan di Samsat juga menggunakan dress code sama,” katanya.

Lanjutnya, untuk menyiapkan baju pejuang ini bukan pekerjaan mudah. Sebab, ia harus pontang-panting untuk pinjam dari Komunitas Sepeda Antik atau KOSTI.

“Saya pinjam seragam ini dari teman-teman di KOSTI. Tapi nanti saya akan menjahitkan pakaian seperti ini, Karena rutin setiap tahun diperlukan, paling tidak punya sendiri,” paparnya.

Makna dari penggunaan dress code pejuang ini, diungkapkan Kasatlantas Polres Lumajang, untuk membangkitkan semangat para pejuang tempo dulu. Termasuk memberikan aspirasi bagi generasi muda untuk menjadi pahlawan.

“Menjadi pahlawan tidak hanya berjuang melawan penjajah saja. Tidak menganggu aktivitas pengguna jalan lain yang membahayakan jiwa, tidak kebut-kebutan juga merupakan pahlawan dalam bentuk lainnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama AKP Samirin juga menyampaikan, bahwa sehari sebelumnya, Satlantas Polres Lumajang mengelar konvoi keliling dengan melibatkan berbagai komunitas motor. Konvoi ini diikuti 350 orang dan wajib mengenakan baju pahlawan.(her/ono/ipg)

Teks Foto :
1. Personel Jajaran Satlantas Polres Lumajang berpakaian ala pejuang.
2 AKP Samirin Kasatlantas Polres Lumajang dengan dress code ala pejuang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
26o
Kurs