Rabu, 15 Mei 2024

Korban Banjir Gunung Lemongan dalam Kondisi Hamil Ditemukan Tewas

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Korban banjir bandang Lumpur Gunung Lemongan di curah (sungai mati, red) Dusun Dok Sulur, Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso berhasil ditemukan, tapi konsisinya sudah tewas. Ini setelah dilakukan pencarian selama dua hari oleh tim gabungan TRC (Tim Reaksi Cepat) Bencana BPBD Kabupaten Lumajang, Tim SAR Kabupaten, unsur TNI-Polri dan masyarakat setempat.

Hendro Wahyono Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Kamis (25/12/2015), mengatakan korban terakhir bencana banjir lumpur bernama Sumarsih (19), yang kondisinya tengah hamil 7 bulan akhirnya ditemukan, pukul 10.00 WIB.

“Korban ditemukan dalam kondisi tewas dengan kepada terjepit bebatuan cadas. Lokasi ditemukannya korban sekitar 300 meter dari lokasi ditemukannya korban pertama, yakni ibu korban sendiri yang bernama Ny. Fatonah alias Ny. Asmad (65), yang kondisinya juga tewas terbenam Lumpur,” katanya.

Dengan ditemukannya korban, upaya pencarian yang digelar pada bencana banjir bandang lumpur ini pun langsung diakhiri. Korban langsung dievakuasi dari lokasi penemuan ke rumah duka. “Di sana, korban langsung dirawat keluarganya untuk persiapan pemakaman. Korban sendiri dimakamkan berdampingan korban Ny. Fatonah, ibunya yang telah dimakamkan, kemarin,” paparnya.

Setelah itu, seluruh tim gabungan pencarian ditarik dari lokasi ke Posko Induk Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang. “Selanjutnya, tim pencarian dibubarkan. Upaya berikutnya, kami akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan agar tidak mendekat ke lokasi bencana banjir lumpur di curah Dusun Dok Sulur. Terlebih ketika hujan mengguyur deras,” bebernya.

Sebab, potensi bencana susulan masih dimungkinkan terjadi. Sepert dialami korban sebelumnya, yang melintas di curah saat pulang ke rumahnya dari mencari rumput pada, Senin (23/12/2014) malam. “Tiba-tiba terjadi banjir bandang lumpur yang menyeret keduanya. Akibatnya, kedua korban ditemukan tewas,” pungkas Hendro Wahyono. (her/ipg)

Teks Foto :
– Upaya pencarian korban banjir bandang Lumpur di Gunung Lemongan.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs