Minggu, 28 April 2024

Libur Lebaran, Obyek Wisata Lumajang Kebanjiran Pengunjung

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Memasuki libur lebaran, tingkat kunjungan pada seluruh obyek wisata di wilayah Kabupaten Lumajang meningkat. Seluruh lokasi wisata di Kota Pisang yang tersebar di berbagai kawasan, mendapatkan berkah tersendiri berupa membludaknya kunjungan wisatawan.

Diantaranya obyek wisata Water Park di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang. Selain itu, obnyek wisata Pemandian Alam Selokambang di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, wisata segitiga Ranu di kaki Gunung Lemongan, Kecamatan Klakah dan berbagai obyek wisata pantai selatan.

Tidak hanya itu saja, masih ada sejumlah obyek wisata budaya, baik Situs Biting maupun Pura Mandhara Giri Semeru Agung di wilayah Kecamatan Senduro. Hal ini cukup membuat jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lumajang berlega hati.

Drs Gawat Sudarmanto Kepala Disbudpar Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Kamis (31/7/2014) mengatakan bahwa, masa libur lebaran ini sangat berdampak pada tingkat kedatangan wisatawan ke obyek wisata di Lumajang.

Baik, wisatawan lokal maupun regional dari luar wilayah Kabupaten Lumajang yang sangat banyak berdatangan. Hingga, obyk wisata yang ada, terutama Water Park KWT dan obyek wisata pantai kebanjiran pengunjung.

Wisatawan regional yang berdatangan, masih katanya, dari pendataan yang dilakukan jajarannya, berasal dari berbagai kota di wilayah tapal kuda. Diantaranya, dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember dan Probolinggo maupun Pasuruan. “Jumlah terbanyak memang masih didominasi wisatawan dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Jember,” jlentrehnya.

Dalam sehari, dicontohkan Hendro Iswahyudi, tingkat kunjungan di Water Park Wonorejo mencapai 5 kali lipat dibandingkan hari biasanya. ”Atau, hitungannya mencapai angka 2500 pengunjung,” paparnya.

Padahal, pada hari rutin di luar libur Hari Raya, pengunjung hanya mencapai 500 orang saja setiap harinya. Luberan pengujung ini, juga berdampak pada pendapatan yang berhasil dihimpun sebagai sumbangan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini.

Dikatakan lebih lanjut oleh Gawat Sudarmanto, pendapatan yang dihimpun dari sektor wisata pada masa libur sekolah ini, jumlahnya cukup besar. ”Kami mentargetkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) selama libur lebaran ini mencapai Rp. 700 juta,” tuturnya lagi.

Sementara itu, dari pantauan lainnya, di obyek wisata pantai selama libur lebaran kali ini, jajaran Polres Lumajang bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Tim SAR dan relawan melakukan pengawasan ketat. AKP Sugianto Kasubag Humas Polres Lumajang mengatakan, pihaknya telah mendirikan pos pemantauan keamanan wisatawan di obyek wisata pantai.

”Diantaranya di Pantai Bambang, Kecamatan Pasirian dan Pantai Mbah Drajit di Desa Meleman, Kecamatan Yosowilangun. Demi keamanan, wisatawan dilarang mandi di pantai karena ombaknya cukup tinggi dan membahayakan,” pungkas AKP Sugianto. (her/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs