Selasa, 14 Mei 2024
BB TNBTS Mulai Open SAR, Kerahkan Tim Pencarian Gabungan

Menerobos ke Puncak Semeru, Pendaki Asal Tegal Tersesat

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Seorang pendaki yang nekat menerobos ke puncak Gunung Semeru, tersesat. Pendaki yang hilang diinformasikan bernama Azis Aminuddin (23), asal Desa Pesayangan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang diperkirakan tersesat dalam perjalanan turun setelah melakukan pendakian ke puincak gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

DR Ir Ayu Dewi Utari, Msi Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) kepada Sentral FM, Rabu (4/6/2014), mengatakan bahwa Azis Aminuddin melakukan pendakian dalam rombongan bersama 6 orang temannya yang dikoordinir Hermansyah (24), selaku Ketua Rombongan.

“Kami masih belum tahu, apakah Azis Aminuddin bersama rombongan ini mahasiswa atau kelompok pecinta alam. Yang dilaporkan, hanya cirri-cirinya saja, Azis Aminuddin mengenakan celana putih dan kaos Real Madrid,” kata Ayu Dewi Utari. Rombongan ini melakukan pendakian hingga ke titik Kalimati dan di sana membuka dome atau tenda untuk menginap.

Namun di titik terakhir pendakian yang direkomendasikan TNBTS maupun pihak vulkanologi ini, Azis Amuniddin berniat terus melakukan pendakian ke puncak gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Ia mengikuti pendaki lain di luar rombongannya untuk menerobos pendakian hingga ke puncak Jonggring Saloko.

Kenekatan Azis Amunuddin inilah yang menjdi awal petaka hingga ia tersesat. “Keberadaan Azis Aminuddin yang menerobos ke puncak Semeru sempat terpantau oleh Amir, seorang porter asal Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro yang tengah mengantar pendaki, pada 2 Juni pukul 09.00,” papar Ayu Dewi Utari.

Setelah itu, lanjut Kepala BB TNBTS, tidak ada lagi informasi terkait keberadaan Azis Aminuddin hingga akhirnya dilaporkan tersesat di puncak Gunung Semeru. Informasi itu berdasarkan kecurigaan rombongannya, yang tiak mendapati pendaki asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ini kembali turun meski pendaki lainnya sudah tiba di titik Kalimati.

“Akhirnya rombongannya melaporkan peristiwa tersesatnya Azis Aminuddin ke petugas TNBTS di Pos Resort Ranu Pane, Selasa (3/6/2014). Berdasarkan laporan itu, hari ini TNBTS mengerahkan Tim Advance yang bergerak sejak pagi tadi ke Puncak Semeru guna melakukan pencarian. Tim Pencarian ini berkekuatan 9 orang yang terdiri dari petugas TNBTS, Porter dan Volunter,” urai Ayu Dewi Utari.

Hanya saja, Kepala BB TNBTS menyatakan, pihaknya belum mengetahui persis di titik mana Azis Aminuddin tersesat. Guna menyisir jejak pendaki yang hilang ini, petugas pencarian akan melakukan pelacakan di seputaran puncak Semeru. “Guna pencarian, secara resmi kami membuka Open SAR mulai hari ini dengan batas maksimal 7 hari ke depan,” demikian pungkas Ayu Dewi Utari. (her/ipg)

Teks Foto :
– Gunung Semeru.
Foto : Dok. Sentral FM dan wikipedia

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
28o
Kurs