Minggu, 5 Mei 2024

Mudik Lebaran, BPBD Siagakan Alat Berat di Jalur Rawan Longsor

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2014 di Kabupaten Lumajang untuk kelancaraan arus mudik dan balik lebaran, juga jadi perhatian jajaran BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) khususnya jalur dalam kategori rawan bencana.

“Baik bencana longsor, maupun potensi bencana lainnya. Semuanya sudah kita petakan untuk diantisipasi dalam bentuk kesiapan penanggulangan maupun pengamanannya,” kata Purwanto, SH Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang, Selasa (22/7/2014). Usai pelaksanaan Rakor Pengamanan Lebaran.

Menurutnya, pihaknya telah menyiapkan 10 Personil pengamanan dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran dari fungsi TRC (Tim Reaksi Cepat). Ia memastikan tidak ada kemacetan di jalur bencana, terutama di jalur selatan, alat berat juga akan disiagakan di jalur selatan.

“Kami sudah koordinasikan itu dengan Pihak Dinas PU Binamarga Provinsi Jatim untuk menyediakan alat berat di jalur selatan selama arus mudik dan balik lebaran. Selain itu, mobil rescue untuk penanganan pohon tumbang di jalur selatan juga siap kita kerahkan. Posko juga akan didirikan di Piket Nol untuk jalur selatan. Posko ini standby 24 jam dengan 2 shft berbeda,” terang Purwanto.

Sementara itu untuk kesiapan rambu-rambu, BPBD Kabupaten Lumajang menekankan, agar dalam menghadapi operais ketupat, dishub diarahkan memasang rambu, PU Kabupaten dan Provinsi, terutama di black spot area.

Personil akan disiagakan di Posko Induk Pusdalops BPBD, dan lainnya akan disebar sesuai shift tugas masing-masing selama 24 jam penuh di Posko kewilayahan.

Untuk tugas ini, seluruh perosnil BPBD Kabupaten Lumajang ditegaskan tidak diberikan ijin cuti selama lebaran. Instruksi serupa juga diberlakukan terhadap personil Tim SAR yang bertugas di Obyek Wisata yang dipadati pengunjung selama lebaran.

“Dua Regu Tim SAR kami kerahkan untuk pengamanan opbyek wisata lebaran mendatang. Dimana, setiap regu akan berkekuatan 10 personil, lengkap dengan perlengkapannya,” demikian pungkas Purwanto. (her/ain)

Teks Foto :
– Purwanto, SH Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs