Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Lumajang Tiadakan Takbir Keliling

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Pelaksanaan takbir keliling dalam peringatan Hari Raya Kurban di wilayah Kabupaten Lumajang ditiadakan. Sesuai koordinasi dengan jajaran Polres Lumajang, Pemkab Lumajang hanya akan menggelar takbir bersama di Masjid Agung KH Anas Mahfudz yang akan dihadiri seluruh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Sabtu (4/10/2014) mulai pukul 19.00.

Drs H Abdul Qodir Kepala Bagian Kesra Pemkab Lumajang kepada Sentral FM, Jumat (3/10/2014), mengatakan bahwa takbir keliling dalam peringatan Hari Raya Kurban kali ini memang tidak diselenggarakan. Kegiatannya akan difokuskan takbir bersama di Masjid Agung yang dihadiri jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan Masjid Besar seluruh wilayah Kecamatan oleh jajaran Muspika.

”Hal ini kita putuskan setelah dilakukan Rapat Koordinasi besama jajaran Polres Lumajang, dalam hal ini Satlantas. Pertimbangannya adalah, untuk menjamin keamanan dan ketertiban lalu-lintas. Sehingga, takbir keliling kita tiadakan dan difokuskan untuk takbir bersama di masjid-masjid saja,” katanya.

“Rangkaian kegiatan untuk peringatan Hari Raya Kurban ini, akan digelar selama 2 hari. “Yang pertama, Sabtu (4/10/2014) pukul 19.00, akan dilaksanakan takbir bersama di depan Masjid Agung KH. Anas Mahfudz yang dihadiri Drs H As’at Malik, Mag Wakil Bupati. Pesertanya nanti dari beberapa unsur, diantaranya jajaran Forum Pimpinan Daerah, Pembina SKPD, jamaah masjid, juga melibatkan Forum Komunikasi Otomotif Lumajang (F-KOL),” paparnya.

Sedangkan, Minggu (5/10/2014), akan diselenggarakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung KH Anas Mahfudz yang juga dihadiri jajaran Forum Pimpinan Daerah. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan dengan penyembelihan hewan kurban bertempat di dalam areal Alun-Alun sisi barat.

“Nanti Insyaalllah hewan kurban yang disembelih di Alun-Alun sebanyak 2 ekor sapi. Semestinya kita menyediakan 3 ekor sapi, namun yang seekor kita serahkan Takmir Masjid KH Anas Mahfudz. Sedangkan, kambing disediakan 31 ekor yang disalurkan melalui berbagai lembaga. Diantaranya Yayasan Yatim Piatu dan lembaga lainnya,” jlentreh Abdul Qodir.

Daging hasil penyembelihan hewan kurban ini, nantinya akan didistribusikan bagi mereka-mereka kalangan dhuafa yang berhak. Untuk ketertiban, panitia Pemkab Lumajang telah membagikan 600 kupon kepada calon penerima.

“Untuk daging kurban itu dilaksanakan melalui kupon biar ada ketertiban dalam pelaksanaan nya nanti. 600 kupon sudah kita bagikan, sehingga nanti lebih tertib membagikannya,” demikian pungkas Abdul Qodir seraya menyampaikan bahwa momentum peringatan Hari Raya Kurban ini adalah meningkatkan rasa sosial kepada sesama. (her/ipg)

Teks Foto :
– Drs H Abdul Qodir Kepala Bagian Kesra Pemkab Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs