Senin, 6 Mei 2024

Pencairan Dana Sejahtera Diwarnai Komplain

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Dana sejahtera sebagai kompensasi kenaikan harga BBM mulai hari ini, Senin (24/11/2014), dibagikan secara bertahap di Kabupaten Lumajang. Namun, pencairan hari pertama dana sejahtera ini diwarnai munculnya komplain dari masyarakat yang dinilai penyalurannya tidak sesuai sasaran.

Hal itu terjadi ketika staf Kantor Pos Lumajang yang menjadi lembaga pendistribusi menyalurkan dana sejahtera ini di wilayah Kecamatan Ranuyoso. Komplain muncul di Desa Jenggrong, dimana masyarakat menyampaikan protes karena penerima dinilai ada yang tidak tepat sasaran.

“Data dianggap tidak sesuai dengan kondisi sekarang. Namun kami juga kroscek dengan aparatur desa setempat, yang menyatakan bahwa data penerima masih valid untuk kondisi sekarang,” kata Heny Setyonusanto Manajer Pemasaran Kantor Pos Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM.

Menanggapi komplain ini, Kantor Pos Lumajang pun membatalkan rencana penyaluran yang semula dijadwalkan akan dilakukan di Kantor Desa setempat. Hal itu sesuai arahan aparat keamanan untuk menghindari segala kemugkinan yang terjadi. Sehingga, khusus untuk di Desa Jenggrong karena muncul komplin, maka pendistribusiannya dialihkan ke Kantor Pos Ranuyoso.

Secara keseluruhan, masih kata Heny Setyonusanto, untuk pencairan di wilayah Kecamatan Ranuyoso berjalan lancar. Dari penerima sasaran yang mendapatkan pencairan dana sejahtera hari ini tercatat sebanyak 5.605 jiwa di 11 Desa semuanya bisa dilaksanakan dengan tertib.

“10 Desa disalurkan di Desa masing-masing. Namun khusus untuk Desa Jenggrong dengan 800 penerima sasaran dicairkan di Kantor Pos Ranuyoso karena adanya komplin tadi,” jlentrehnya.

Pendistribusiannya, lanjut Heny Setyonusanto, dimulai serentak pukul 09.00. Masyarakat tinggal menunjukkan kartu undangan yang dilengkapi dengan kartu identitas saja kepada 4 orang staf Kantor Pos yang melayani di masing-masing Desa.

Selanjutnya, mereka mendapatkan haknya atas dana dua bulan sekaligus sebesar Rp. 400 ribu. “Penyalurannya terbilang lancar dengan pengamanan dua sampai tiga personil keamanan dari unsur Polri/TNI,” tuturnya.

Setelah pencairan di Kecamatan Ranuyoso, Kantor Pos Lumajang akan menyalurkan secara bertahap ke wilayah Kecamatan lainnya. “Besok, kami akan menyalurkan dana sejahtera ini di wilayah Kecamatan Klakah sampai terakhir pda 7 Desember mendatang di Kecamatan Sukodono, Padang dan Gucialit,” jlentrehnya.

Terkait maish munculnya komplain tersebut, Kantor Pos Lumajang tidak melakukan sosialisasi untuk menyampaikan adanya validasi perbaikan data penerima Tahun 2015 mendatang. Sebab hal itu menjadi kewenangan Kantor Sosial Kabupaten Lumajang.

“Nanti Kantor Sosial yang akan menyampaikannya kepada masyarakat sekaligus akan meneruskannya ke Pemerintah Pusat. Kantor Pos hanya sebagai lembaga pendistribusi dananya saja,” demikian pungkas Heny Setyonusanto. (her/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs