Sabtu, 4 Mei 2024

Prajurit TNI Bangun Jalan di Lereng Semeru

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Prajurit TNI dari jajaran Kodim 0821 Lumajang menggelar bhakti sosial melalui kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Imbangan di Dusun Ranu, Desa/Kecamatan Pronojiwo. Di Desa yang terletak di lereng Gunung Semeru ini, para prajurit TNI akan bergotong-royong bersama masyarakat setempat untuk membangun akses jalan rabat beton sepanjang 1.200 meter.

Pada Jumat (10/10/2014) ini, pembangunan jalan yang sebelumnya hanya berupa makadam (jalan tanah, red) ini telah berlangsung.

Kapten Budi Santoso Pasi Teritorial Kodim 0821 Lumajang dalam kegiatan ini melaporkan bahwa, sebelumnya telah dilaksanakan Pra TMMD Imbangan selama 26 hari yang dimulai sejak 27 Agustus sampai 26 September. Sedangkan TMMD Imbangan dilaksanakan sejak hari ini sampai 29 Oktober mendatang.

“Dalam kegiatan ini, akan dilakukan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.200 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 12,5 meter. Selain itu dilakukan juga pembenahan badan jalan dengan panjang yang sama. Semua pekerjaan dilaksanakan di Dusun Ranu,” kata Kapten Budi Santoso selaku Panitia pelaksanaan TMMD Imbangan.

Tujuan diselenggarakannya TNI Manungggal Membangun Desa Imbangan ini, masih katanya, mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang di wilayah dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Selain itu, juga dalam rangka membantu Pemkab Lumajang dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. “Diantaranya melalui pembangunan fisik maupun non fisik dalam rangka terwujudnya stabilitas keamanan di wilayah,” paparnya.

Sementara itu, dr Buntaran Supriyanto, Mkes Sekda Lumajang menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan TMMD ini merupakan tugas pengabdian TNI kepada bangsa dan Negara.

“Khususnya dalam membantu meringankan beban masyarakat yang ada di Dusun Ranu. Dimana, selama ini kurang memiliki sarana transportasi yang layak,” kata Buntaran Supriyanto.

Dari pantauan Sentral FM, Dandim 0821 bersama Sekda Lumajang dan pimpinan DPRD selanjutnya melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan pembuatan jalan rabat beton di Dusun Ranu. Para pejabat teras di Kabupaten Lumajang ini ikut melakukan kerja bhakti bersama-sama prajurit TNI dan warga setempat di lokasi pembuatan jalan rabat beton. (her/ipg)

Teks Foto :
– Pembukaan TMMD Imbangan dengan membangun jalan rabat beton di Dusun Ranu, Desa/Kecamatan Pronojiwo yang terletak di lereng Gunung Semeru.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs