Minggu, 5 Mei 2024

Rekapitulasi Suara KPU Lumajang, Pengamanan Diperketat

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

KPU Kabupaten Lumajang akan menggelar rekapitulasi perhitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) tingkat Kabupaten di Kantor KPU Jl. Veteran, Kecamatan Kota Lumajang, Sabtu (19/4/2014) besok. Sejauh ini persiapan telah dilaksanakan, baik dalam bentuk logistik, akomodasi maupun pengamanannya yang berkoordinasi dengan jajaran Polres Lumajang.

AKP Sugianto Kasubag Humas Polres Lumajang kepada Sentral FM, Jumat (18/4/2014), mengatakan bahwa pengamanan kegiatan perhitungan suara akhir Pileg tingkat Kabupaten telah dipersiapkan dengan mengerahkan sebanyak 223 personel. “Seluruh personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan, mencapai dua pertiga dari kekuatan Polres Lumajang,” kata AKP Sugianto.

Untuk protap pengamanannya, Polres Lumajang membagi tiga ring. Dimana, ring satu akan melakukan pengamanan di seputar ruang lokasi perhitungan suara. Ring dua akan melakukan pengamanan yang bersifat preventif dengan mengerahkan dua pleton personel dalmas.

“Dua pleton dalmas yang dikerahkan berjumlah total 70 personel. Sedangkan untuk ring tiga merupakan pengamanan di luar areal perhitungan yang bersifat pengamanan dan pengaturan arus lalu-lintas oleh jajaran Satuan Lalu-Lintas,” papar AKP Sugianto.

Secara keseluruhan, masih kata Kasubag Humas Polres Lumajang, 223 personil pengamanan yang diterjunkan Polres Lumajang terbagi dalam pengamanan terbuka (pamka) dan pengamanan tertutup (pamtup). Dimana, pengamanan tertutup dari jajaran Satuan Intelkam sebanyak 50 personel.

Dalam kegiatan rekapitulasi perhitungan suara di Kantor KPU besok, AKP Sugianto juga mengungkapkan, mekanisme pengamanan di lokasi akan dikoordinasikan dengan KPU. Dimana, hanya undangan saja yang akan diperbolehkan masuk ke ruang perhitungan.

“Undangan tentunya telah ditentukan Sekretariat KPU. Yang pasti, pengamanan akan diberlakukan ketat, selain undangan tidak boleh masuk ke ruang perhitungan. Tentunya, pengamanan juga akan melakukan sterilisasi, sebelum kegiatan dan saat kegiatan,” bebernya.

Sebelum kegiatan, personel pengamanan akan menyiapkan metal detektor untuk memastikan tidak ada benda atau barang membahayakan sampai lolos ke lokasi perhitungan.

“3 jam sebelum kegiatan dilaksanakan, personel Satuan Sabhara juga akan melakukan sterilisasi ruang perhitungan. Setelah itu akan diserahkan pengamanannya kepada Padal (Pengamanan Dalam) di ruang tersebut,” jlentreh AKP Sugianto seraya menambahkan bahwa pengamanan rekapitulasi di KPU Kabupaten Lumajang tidak akan melibatkan personil Polda Jatim.

Selain itu, Polres Lumajang untuk kegiatan rekapitulasi ini juga akan mempersiapkan pengamanan melekat kepada unsure Komisioner KPU dan Panwaslu. Dimana, akan disiapkan personil khusus yang bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan.

“Pengamanan melekat kepada unsure VIP, yakni Komisioner KPU dan Panwaslu tentunya sudah menjadi protap. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum maupun setelah kegiatan dilaksanakan,” demikian pungkas AKP Sugianto. (her/ipg)

Teks Foto :
– Kantor KPU Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs