Jumat, 3 Mei 2024

Ruang Terbuka Hijau Lumajang Terbaik se Jatim

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Lumajang menjadi yang terbaik di Provinsi Jatim. Hal ini diapresiasi Pemprov Jatim dengan memberikan penghargaan yang akan diserahkan dalam Puncak Peringatan Hari Cinta Satwa dan Puspa dan Hari Menanam Pohon yang ditempatkan di Kabupaten Tuban.

Ir Nurul Huda Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Senin (22/12/2014) mengatakan, penghargaan ini diberikan Pemprov Jatim dan akan diserahkan langsung oleh Soekarwo Gubernur Jatim kepada Kabupaten/Kota yang dinilai telah berhasil mengelola RTH.

Penghargaan ini, lanjut Huda, akan diserahkan Gubernur Jatim Soekarwo dan akan diterima langsung As’at Malik Wakil Bupati Lumajang.

“Besok pukul 07.00 WIB di Kabupaten Tuban, Gubernur Jatim menyerahkan penghargaan ini kepada kepala daerah pemenang RTH terbaik yang diundang untuk hadir ke sana,” jelasnya.

Huda juga mengungkapkan, kelebihan Kabupaten Lumajang dalam pengelolaan RTH di antaranya adalah pola pengembangan hutan rakyat melalui keterlibatan langsung masyarakat.

“Penilaiannya adalah pada faktor keteduhan dengan adanya area RTH dan pengelolaannya, sehingga menciptakan wilayah yang sejuk, bebas polusi, penyerapan air maksimal untuk terhindar dari potensi banjir maupun genangan. Selain itu, bagaimana mewujudkan RTH itu sebagai area bermain keluarga secara tematik,” paparnya.

Idealnya, lanjut Nurul Huda, luasan RTH mencapai 30 persen dan Lumajang sudah mampu memenuhinya. Meski ke depan, luasan RTH akan terus ditambah mengingat fungsinya yang sangat baik untuk menciptakan keteduhan dan kesejukan. (her/ono/ipg)

Teks Foto :
– Ir Nurul Huda Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs