Sabtu, 4 April 2020

Surat Suara DPRD Kabupaten di 3 TPS Lumajang Tertukar Antar Dapil

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Surat suara di 3 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang meliputi wilayah Kecamatan Pasirian, Candipuro, Pronojiwo dan Tempursari tertukar.

Ratusan surat suara untuk DPRD Kabupaten Lumajang di 3 TPS Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, masing-masing TPS 9, 19 dan 21 tertukar dengan surat suara dari Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Ranuyoso, Klakah, Randuagung dan Kedungjajang.

Hisbullah Huda, SH Komisioner Panwaslu Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM, mengaku jika tertukarnya surat suara itu baru diketahui dari laran yang disampaikan kepada Panwaslu, sekitar pukul 11.30. Surat suara yang tertukar, tidak seluruhnya.

“Melainkan hanya separuh-separuh saja di masing-masing TPS. Setelah mendapatkan laporan, kami dari Panwaslu langsung berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Lumajang untuk datang ke lokasi TPS yang dimaksud,” kata Hisbullah Huda.

Di sana, pihaknya menghitung surat suara DPRD Kabupaten yang masih tersisa karena belum dipergunakan. Untuk TPS 9 tersisa 108 lembar surat suara, TPS 19 tersisa 96 lembar surat suara dan TPS 21 masih tersisa 106 lembar surat suara.

“Selanjutnya, Panwaslu melaporkan temuan tertukarnya surat suara ini ke Bawaslu Provinsi Jatim dan Bawaslu RI. Demikian pula KPU Kabupaten Lumajang yang melaporkan laporan tersebut berjenjang ke atas,” paparnya.

Untuk menangani persoalan tersebut, perhitungan suara yang dijadwalkan dimulai selepas pukul 13.00, akhirnya sempat tertunda di ketiga TPS tersebut. Karena, Panwaslu Kabupaten Lumajang sesuai koordinasi dengan KPU masih menunggu instruksi lebih lanjut guna menyelesaikan persoalan tersebut.

“Dari Bawaslu, kita diberikan dua opsi untuk tertukarnya surat suara di ketiga TPS itu. Opsi pertama, suara tetap dihitung dan khusus untuk surat suara DPRD Kabupaten Lumajang yang tertukar akan dinyatakan sah masuk ke suara Parpol. Opsi kedua, dilakukan pemungutan suara ulang, khusus untuk surat suara DPRD Kabupaten Lumajang,” beber Hisbullah Huda.

Hanya saja ia belum bisa memastikan secara jelas, kapan pemungutan surat ulang itu akan dilakukan. Apakah akan dilakukan hari ini juga, ataukah bisa ditunda besok.(her/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
30o
Kurs