Selasa, 31 Maret 2020

TRC Bencana Lumajang Latihan Bersama BPBD Jatim-TNI

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Tidak mudah menjadi personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Kebencanaan yang bertugas sigap untuk menangani segala potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Kabupaten Lumajang. Dibutuhkan kemampuan fisik, mental dan juga SDM yang mumpuni untuk melaksanakan tugas dengan tupoksi penyelamatan jiwa masyarakat dari kejadian bencana.

TRC Bencana BPBD Kabupaten Lumajang dilatih dengan prosedur yang ketat baik fisik, mental maupun penguatan materi SDM penanganan kebencanaan. Pelatihan ini dilaksanakan di Karmas Kodim 0821 Kabupaten Lumajang yang diikuti 15 personil TRB BPBD Kabupaten Lumajang.

Rochani, Ssos Kepala BPBD Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Senin (28/4/2014), mengatakan pelatihan ini dilakukan selama 3 hari penuh di Markas Kodim 0821 Lumajang yang diikluti 15 personil TRC BPBD Kabupaten Lumajang. Tutor yang akan memberikan materi, diantaranya dari unsur TNI dan BPBD Provinsi Jatim.

“Materinya terkait kebencanaan, pengenalan peta dan kompas. Selain itu Personil TRC juga diberikan kemampuan untuk menganalisa daerah rawan bencana yang akan ditangani. Khusus materi ini yang memberikan adalah dari BPBD Provinsi Jatim,” kata Rochani.

Tidak hanya itu saja, personil TRC Kebencanaan BPBD Kabupaten Lumajang juga diberikan pelatihan fisik yang cukup menguras tenaga. Betapa tidak, pelatihan fisik ini digabungkan dengan kemampuan membaca peta dan kompas guna menentukan titik koordinat pertemuan.

Hal ini untuk menguji perosnil TRC Kebencanaan untuk mencari lokasi penyelamatan korban hanya dengan bantuan titik koordinat saja. “Caranya adalah di hari terakhir, personil TRC Kebencanaan diberikan titik korodinat dari Markas Kodim 0821 Lumajang dengan arah di pantai selatan. Kemudian mereka akan dilepas satu-persatu dengan dibekali peta dan kompas saja,” paparnya.

Selanjutnya, masih kata Rochani, perosnil TRC Kebencanaan BPBD Kabupaten Lumajang yang mengikuti pelatihan, akan berjalan kaki puluhan kilometer jauhnya hingga menuju ke lokasi yang telah ditentukan. “Kalau tidak salah jarak tempuhnya 25 kilometer ke arah Pantai Selatan di kawasan Wotgalih,” lanjutnya.

Di lokasi sesuai koordinat yang ditentukan, telah menunggu Letkol Inf akhyari Dandim 0821 Lumajang yang langsung mengukuhkan perosnil TRC Kebencanaan ini. “Jadi, dalam pelatihan ini, selain penguatan materi, personil TRC Kebencanaan juga langsung diuji di lapangan. Dan, mereka dikukuhkan Dandim 0821 Lumajang dengan pembaretan,” urai Rochani, Ssos.

Terkait pelatihan yang hanya diikuti 15 personil TRC Kebencanaan ini, Rochani menyatakan, memang sejauh ini hanya sebanyak ini personil yang memperkuat BPBD Kabupaten Lumajang. Nantinya, BPBD akan terus menambah perosnil TRC Bencana secara bertahan. (her/rst)

Bagikan
Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
27o
Kurs