Selasa, 14 Mei 2024

BPBD Latih Warga Lereng Semeru Siaga Bencana

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang akan melatih lebih dari 20 ribu warga lereng Gunung Semeru dalam gladi lapang bencana erupsi pada 26 Maret mendatang.

Purwanto, Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang mengatakan Kegiatan ini untuk melatih warga lereng Gunung Semeru siaga akan potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Kita gambarkan secara faktual agar masyarakat, ketika terjadi bencana, tidak lagi tergopoh-gopoh untuk berbuat apa dan melakukan apa. Semuanya akan dipraktekkan di Lapangan Dusun Kamar Kajang yang telah kami tentukan sebagai lokasi evakuasi,” katanya kepada Sentral FM, Senin (9/3/2015),

Sebelum gladi lapang, kata Purwanto, BPBD akan menggelar sosialisasi bencana dengan mengumpulkan 750 orang warga Desa Pronojiwo, Sumberurip, Supiturang dan Oro-Oro Ombo, yang seluruhnya berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo.

“Mereka akan kami beri sosialisasi dan keesokan harinya kita latih tanggap dini agar tangguh dalam menghadapi kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” katanya.

Empat desa di Kecamatan Pronojiwo tersebut dipilih karena lokasinya berada pada zona bahaya di Kawasan Rawan Bencana I erupsi Gunung Semeru.

“Jarak keempat Desa ini berkisar 8 kilometer dari puncak Semeru sehingga masuk dalam jangkauan lava pijar dan guguran awan panas apabila terjadi erupsi gunung Semeru,” katanya.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Lumajang juga telah memasang rambu jalur evakuasi dan peringatan di keempat desa tersebut.

“Rambu yang dipasang berupa 20 rambu peringatan dan 18 rambu evakuasi. Rambu ini sebagai petunjuk bagi masyarakat untuk menyelamatkan diri atau evakuasi dari bencana erupsi Gunung Semeru,” katanya.

Sementara itu, Hendro Wahyono Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang dalam kesempatan terpisah menyampaikan, status vulkanik Gunung Semeru masih Waspada level II.

“Berdasarkan laporan petugas vulkanologi di Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, kegiatan seismik tetap fluktuatif,” kata Hendro. (her/iss/ipg)

Teks Foto :
– Rakor persiapan gladi lapang di lereng Gunung Semeru di Kantor BPBD Kabupaten Lumajang, Senin (9/3/2015).
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs