Sabtu, 4 Mei 2024

Bupati Lumajang Serahkan Berkas Dua Cawabup ke DPRD

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

As`at Malik, Bupati Lumajang menyerahkan berkas calon Wakil Bupati kepada pimpinan DPRD Kabupaten Lumajang, Selasa (18/8/2015).

Dua nama calon Wakil Bupati tersebut diajukan tiga parpol pengusung, yakni dari Partai Demokrat dan Partai Golkar Kubu ARB (Aburizal Bakrie) mengajukan Buntaran Supriyanto, mantan Sekda. Sedangkan PAN mengajukan nama H Lutfie Irbawanto.

Pengajuan nama dua calon Wabup ini masih menyisakan potensi bermasalah di belakang hari karena dua kubu Partai Golkar terpecah masing-masing mengajukan calon.

Kubu ARB mengajukan Buntaran Supriyanto dan kubu AL (Agung Laksono) mengajukan nama Hartono, kadernya sendiri yang saat ini menjadi anggota DPRD Kabupaten Lumajang.

“Saya juga repot kalau terus memberikan toleransi. Kesempatan yang saya berikan kan sudah cukup dan toleransinya sudah mentok. Terakhir saya sudah mengumpulkan ketiga Parpol untuk mengajukan nama,” kata As`at Malik kepada Sentral FM.

Mengenai potensi pengajuan berkas dua calon Wabup ini digugat oleh Partai Golkar Kubu AL, As`at Malik menyebutkan, semuanya akan diserahkan kepada Mendagri.

“Kalau dianggap sah, ya parti akan ditetapkan oleh Mendagri untuk dilantik. Kalau tidak, ya pasti akan dikaji ulang. Silahkan saja,” katanya.

Sementara itu, Agus Wicaksono Ketua DPRD Kabupaten Lumajang mengatakan pihaknya hanya akan menganggap sah pengajuan dua calon yang diserahkan oleh Bupati Lumajang. “Sesuai aturan PP Nomor 49 Tahun 2008, mekanismenya seperti itu,” katanya.

Setelah itu, DPRD akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus), Rabu (19/8/2015). Rapat Bamnmus ini digelar untuk menetukan jadwal Rapat Paripurna untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wabup.(her/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs