Minggu, 5 Mei 2024

Presiden Instruksikan Lumajang Suplai Kebutuhan Pasir Proyek Nasional

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Jose/Dok. suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menginstruksikan agar material bahan tambang galian C yang dibutuhkan proyek infrastruktur nasional di Jawa Timur segera dipenuhi. Terutama untuk proyek tiga jalan tol dan sejumlah proyek lain yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

As`at Malik Bupati Lumajang mengatakan, instruksi presiden agar kebutuhan pasir itu dipenuhi dari Lumajang, disampaikan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Gubernur Jatim saat pertemuan di Kantor Pemprov Jatim, beberapa hari lalu.

“Pasir Lumajang dipilih untuk proyek nasional karena kualitasnya merupakan salah satu yang terbaik, selain pasir dari Gunung Merapi,” kata bupati kepada Sentral FM, Jumat (4/12/2015).

AKBP Fadly Munzir Ismail Kapolres menambahkan, aparat kepolisian juga akan mengawasi pengiriman pasir ke luar daerah dengan melakukan pemeriksaan kartu kendali yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

“Kita menempatkan anggota di titik-titik wilayah penambangan. Kalau tidak sesuai, maka akan dilakukan penindakan. Selain itu, kita mengatur bahwa pasir keluar dari Lumajang tidak menganggu aktivitas masyarakat yang lain,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan pasir tersebut, Gubernur Jatim juga mendorong agar perizinan pertambangan terus diproses oleh Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Jatim. Sabtu (5/12/2015), Dinas ESDM Provinsi Jatim akan kembali turun ke Lumajang untuk memastikan perizinan 18 pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Izin yang masih berlaku, juga akan terus dievaluasi,” kata bupati. (her/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs