Sabtu, 4 Mei 2024

Puluhan Klub Motor Lumajang Jalani Sertifikasi Anti Geng Motor

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Puluhan klub motor berkumpul di Alun-Alun Kabupaten Lumajang. Mereka berkumpul untuk mendapatkan sertifikasi dari Polres Lumajang sebagai upaya mencegah munculnya geng motor di Lumajang.

Sejumlah 30 klub motor dari berbagai jenis kendaraan berkumpul di Alun-Alun Lumajang. Mulai dari penghobi motor antik hingga motor terkini. Mereka semua harus menjalani pendataan dan pembinaan untuk mendapatkan sertifikasi dari kepolisian.

AKBP Aries Syahbudin Kapolres Lumajang mengatakan sengaja melakukan sertifikasi ini karena selama ini klub motor di Lumajang belum terorganisir dengan baik.

Klub motor di Lumajang ini jumlahnya puluhan, namun selama ini belum didata dan diorganisir,” katanya kepada Sentral FM, Selasa (16/6/2015),

Belum lagi, keberadaan klub motor ini juga membutuhkan pembinaan khusus agar tidak sampai aktivitasnya berpotensi mengganggu pemeliharaan harkamtibmas. “Misalnya aksi-aksi yang mengarah ke perilaku geng motor yang meresahkan,” paparnya.

Karena itu Polres melakukan pendataan dan mengumpulkan mereka agar menjalani pembinaan. Dengan pembinaan ini polisi juga menekankan bahwa syarat yang harus dipatuhi pengguna jalan, seperti mengedepankan budaya tertib, disiplin berlalu-lintas, serta keamanan berkendara (safety riding) mereka terapkan.

“Melalui pembinaan itu, kita mencoba mengarahkan ke sisi yang positif. Kaitannya adalah tidak hanya tertib dan disiplin berlalu-lintas saja. Tapi mereka juga bisa kita mobilisasi untuk melakukan sosialisasi anti narkoba, mengenalkan potensi Lumajang dan sebagainya,” terangnya.

AKBP Aries tidak menampik di Lumajang ada beberapa kalangan bikers yang melakukan pelanggaran dengan menggelar aksi balap liar dan kegiatan negatif lainnya.

“Untuk yang begini-begini, akan kita sikat. Kita akan melakukan operasi rutin guna menertibkannya. Karena aksi mereka ini membahayakan pengguna jalan yang lain. Hampir setiap malam minggu, kita menggelar operasi di titik-titik rawan. Mereka akan kita amankan dan bina,” ujarnya. (her)

Teks Foto :
– Klub motor dikumpulkan di Alun-Alun Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs