Sabtu, 18 Mei 2024

Vegetasi Tanaman Langka di Semeru Terbakar

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Selain vegetasi Akasia, Mentigen, Putih Dada dan tanaman semak lainnya, kebakaran hutan di Gunung Semeru juga menghanguskan vegetasi Anggrek Hijau, tanaman langka yang di seluruh Pulau Jawa ini hanya tumbuh di jalur pendakian gunung tersebut.

Ayu Dewi Utari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengatakan, populasi umbi Anggrek Tanah yang setiap tahun tumbuh tiap bulan April juga terancam terbakar.

Sementara, sampai Jumat (23/10/2015), api masih terus meluas setelah menghanguskan 25 hektar vegetasi tanaman di jalur pendakian di gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut tersebut.

“Sampai saat ini titik api di titik Landengan Dowo yang berada di bawah pos shelter 2, belum berhasil dikendalikan. Kami sudah menyiapkan sekat baker supaya api tidak melompat. Pasalnya, angin yang cukup kencang seperti ini bisa memicu lompatan api,” katanya kepada Sentral FM.

Dalam kebakaran ini, TNBTS yang sebelumnya hanya menurunkan 40 personel, pada Jumat menambah jumlah personil pengendali api menjadi 50 orang dengan dibantu masyarakat dan relawan.(her/iss/ipg)

Teks Foto :
-.Vegetasi hutan Gunung Semeru yang terbakar.
Foto : dokumen BB TNBTS.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs