Selasa, 23 April 2024

Agustusan, Lapas Lumajang Gelar Pekan Olahraga Napi

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Para narapidana (napi) penghuni Lapas Kelas IIB Lumajang juga memeriahkan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 ini. Bahkan, para warga binaan di rumah tahanan negara yang terletak di Jl. Alun-Alun Timur tersebut juga menyelenggarakan berbagai rangkaian perlombaan yang dikhususkan bagi para napi sendiri.

Drs Martono Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas IIB Lumajang kepada Sentral FM, Selasa (9/8/2016), mengatakan untuk kepentingan memeriahkan Agustusan, pihaknya memang memfasilitasi para napi guna menyelenggarakan kegiatan dan perlombaan yang dikehendaki.

“Bahkan, panitia sudah terbentuk dan kegiatan juga mulai berlangsung secara internal di dalam Lapas. Kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk POR (Pekan Olahraga) Napi. Kegiatannya cukup banyak, untuk olahraga ada bolavoli, tenis meja, catur dan lainnya. Kegiatan penggembira juga ada, seperti lomba balap karung, makan krupuk, memasukkan pensil dalam botol dan masih banyak yang lain,” katanya.

Seluruh kegiatan dan perlombaan ini, dipilih dan ditentukan para napi melalui panitia yang dibentuk. Bahkan, perlombaan yang digelar juga melibatkan seluruh napi mulai dari peserta hingga jurinya.

“Namun untuk hadiah, tentu Lapas yang menyiapkannya. Ini sebagai apresiasi kami untuk para napi, agar mereka juga ikut menggelar momentum Agustusan sama seperti saudara-saudara lainnya di luar,” paparnya.

Bahkan untuk menandai pelaksanaan POR Napi ini, Kepala Lapas Lumajang juga membuka secara resmi pelaksanaannya dengan melakukan pelepasan balon. “Istilahnya ada upacara seremoni kecil-kecilan,” ujarnya.

Kegiatan ini, masih menurut Martono, akan diselenggarakan selama Agustusan ini. Sampai puncaknya adalah penyerahan hadiah bagi pemenang yang akan dilaksanakan tepat pada 17 Agustus mendatang, seusai pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI.

“Jadi penyerahan hadiah pelaksanaan POR Napi ini dilakukan setelah upacara agustusan. Tepatnya setelah dilakukan penyerahan SK remisi oleh Bupati Lumajang yang dihadiri jajaran Forkopimda, baru Kepala Lapas menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba POR Napi,” pungkasnya. (her/dwi)

Teks Foto :
– Lapas Kelas IIB Lumajang di Jl. Alun-Alun Timur.
Foto : Sentral FM.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs