Selasa, 7 Mei 2024

Bekas Tambang di Pesisir Selatan Lumajang Dijadikan Ekowisata

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Lahan tambang bekas konsesi PT IMMS (Indo Modern Mining Sejahtera) di pesisir selatan Lumajang yang banyak rusak akibat dikeruk material pasir besinya, mulai dihijaukan lagi.

Drs H As`at Malik, Mag Bupati Lumajang mengerahkan ribuan PNS bersama unsur TNI/Polri untuk melakukan penanaman pohon cemara laut di wilayah pesisir Pantai Bambang Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Jumat (22/1/2016).

Sebanyak 6 ribu bibit pohon cemara laut ditanam untuk mengubah wilayah pesisir yang rusak akibat tambang ini menjadi Ekowisata.

Setelah penanaman pohon, selanjutnya ditebar 20 ribu bibit ikan di lubang bekas galian tambang yang saat ini telah berubah menjadi kolam tambak di pesisir pantai. “Saya berharap pohon yang kita tanam dan benih ikan yang kita tebar hari ini, bisa bermanfaat untuk masyarakat ke depannya,” katanya kepada Sentral FM.

Ia juga berharap, agar kegiatan penghijauan ini untuk dilanjutkan di seluruh wilayah pesisir yang sebelumnya rusak akibat aktivitas penambangan pasir besi (di wilayah konsesi PT IMMS) guna memperbaiki kualitas lingkungannya yang terlanjur rusak. “Saya juga berharap, masyarakat bisa tergerak untuk mengikuti apa yang telah dilakukan hari ni,” paparnya.

Orang nomor satu di Lumajang ini mengaku, bahwa selama ini potensi yang baik di pesisir selatan telah dibiarkan. Sehingga yang terjadi adalah aktivitas yang merusak alam. Akibatnya, perbuatan merusak lingkungan itu berdampak terhadap masyarakat.

“Itu telah menjadi sorotan nasional dan bahkan dari mancanegara. Ke depan, wilayah pesisir ini tidak boleh lagi ditambang. Lokasi ini akan kembali kita tata menjadi salah-satu aset wisata yang bisa diunggulkan. Oleh karena itu masi kita benahi bersama-sama dana ke depan semuanya (wilayah pesisir selatan) akan kita sentuh,” tuturnya.

Dalam kegiatan penghijauan di areal pesisir pantai yang dulunya adalah obyek wisata ini, Bupati As`at Malik juga mengajak untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah. Pasalnya di wilayah pesisir tersebut, berserakan sampah plastik bekas kantong makanan yang dibiarkan saja menumpuk di sepanjang pantai. Satu-persatu sampah dipugut dan dikumpulkan untuk selanjutnya diangkut petugas DLH ke Tempat Pembuangan Akhir(TPA). (her/ipg)

Teks Foto :
1. Drs H As`at Malik, Mag Bupati Lumajang bersama ribuan staf Pemkab dan unsur TNI/Polri menanam bibit pohon cemara laut di pesisir pantai Bambang, Desa Bago, Kecamatan Pasirian yang merupakan bekas lokasi tambang PT IMMS.
2. Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Bambang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs