Minggu, 28 April 2024

Hujan Deras, 15 Rumah di Lumajang Terkena Longsoran

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Wilayah Kabupaten Lumajang, Minggu (10/7/2016) malam dilanda hujan deras yang lebat. Akibatnya, terjadi longsoran di Dusun Sidomukti, Desa Tamanayu, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang.

”Ada 15 rumah yang bangunannya dekat dengan tebing terkena dampak longsoran tanah,” kata Hendro Wahyono Plt Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Senin (11/7/2016).

Menurut dia, untuk mengenai kerusakannya itu bervariasi. Mulai dari atap, dapur rumah, ada ada yang sampai sebagaian bangunan yang tertimbun longsoran tanah. “Yang rusak parah itu hany ada empat bangunan rumah saja,” ujar dia.

Dia mengungkapkan, untuk mengantisipasi bencana susulan, BPBD dibantu tim dari TNI dan Kepolisian setempat, disiagakan di dekat lokasi longsoran. Bahkan, tim bencana pertolongan kemanusian itu juga ikut bergotong royong untuk mendirikan bangunan yang rusak akibat dari tertimpa longsoran.

“Berdasarkan dari prakiraan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), masih berpotensi hujan. Jadi tim masih kita siagakan, dan kalau memang kondisi tebing tidak memungkinkan membahayakan, akan kita lakukan evakuasi warga secepatnya ke tempat lebih aman,” kata Hendro. (her/bry/ipg)

Teks Foto:
– Rumah yang bangunannya dekat dengan tebing terkena dampak longsoran tanah.
Foto: Sentral FM

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs