Minggu, 12 Mei 2024

Pemudik di Terminal Lumajang Masih Landai

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Pergerakan arus mudik lebaran di Terminal Minak Koncar Lumajang, hingga Sabtu (2/7/2016) sore, terpantau belum mengalami lonjakan. Puncak arus mudik baru diprediksi Minggu besok.

Nasehat, Koordinator UPT (Unit Pelaksana Tehnis Dinas) Terminal Minak Koncar Lumajang mengatakan, volume arus mudik mengalami peningkatan pada pkul 12.00 WIB siang. Tapi, lonjakannya tidak begitu signifikan, hanya 3 persen saja.

Pergerakan penumpang yang dominan adalah dari rute Surabaya menuju Banyuwangi. “Penumpang yang turun di Terminal Minak Koncar Lumajang pukul 12.00 WIB tadi, sempat naik 3 persen saja. Rata-rata bus juga tidak terlalu penuh, hanya berkisar 80 persen kursi yang terisi,” katanya kepada Sentral FM.

Dia mengatakan, dengan kondisi ini maka lonjakan penumpang baru akan terjadi Senin atau Selasa nanti. “Kalau untuk hari ini dan besok, kami prediksi situasinya tidak jauh berbeda. Terjadi lonjakan namun sedikit saja,” katanya.

Dari data tabel dan monitoring armada dan penumpang yang transit di Terminal Minak Koncar Lumajang, tercatat dalam dua hari terakhir penumpang mudik memang terus mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan.

Data pergerakan penumpang dan armada bus antar kota selama 24 jam pada 30 Juni menunjukkan, 185 armada bus yang tiba dan 190 yang berangkat.

Sedangkan penumpang tiba sebanyak 2.405 orang dan yang diberangkatkan ke terminal berikutnya mencapai 2.288 orang. Angka ini terus meningkat di 24 jam berikutnya pada 1 Juli. Dimana bus yang tiba tercatat mencapai 187 armada dan yang diberangkatkan sebanyak 190 unit.

Penumpang turun di terminal yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang ini sebanyak 3.553 orang dan yang diberangkatkan sebanyak 2.470 penumpang.

Dalam kesempatan yang sama, Nasehat juga mengungkapkan, bahwa penumpang yang turun di Terminal Minak Koncar Lumajang kebanyakan memanfaatkan jemputan keluarga dibandingkan menumpang angkutan kota.

“Sehingga kondisi ini menyebabkan, penumpang angkota atau angkutan kota tidak terlalu banyak. Angkot baru banyak melayani penumpang yang turun pada malam dan dinihari,” katanya.

Pihak terminal juga menyiapkan personil dan fasilitas yang memadai. Apalagi, personil pengamanan juga gabungan dari berbagai ujnsur, termasuk kepolisian dan TNI di Pos Layanan depan terminal.

“Di Pos Layanan ini, juga disiapkan fasilitas pengobatan medis yang bisa dimanfaatkan pemudik. Sebagai contoh, jika ada pemudik yang sakit maka bisa langsung dibawa ke sana untuk mendapatkan perawatan,” kata Nasehat.(her/bid)

Teks Foto :
– Situasi penumpang mudik di Terminal Minak Koncar Lumajang hari ini, Sabtu (2/7/2016). Foto : Sentral FM.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
33o
Kurs