Sabtu, 18 Mei 2024

Betotan Bas Jazz Indro Hardjodikoro Hadir di Jazz Traffic 2016

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Permainan bass Indro Hardjodikoro di pentas internasional cukup diakui . Foto: indrohardjodikoro.com

Bassist yang kerap tampil di pentas-pentas jazz nasional dan internasional, Indro Hardjodikoro tampil pada pentas Jazz Traffic 2016 di Grand City Surabaya.

Tahun 1995 Indro Hardjodikoro mulai terjun bermain Jazz pada Jak Jazz bersama Maryono Quintet. Pada tahun 1997 Indro mengiringi Eric Merienthal, Warren Wiebe pada tur-turnya di Indonesia.

Setelah itu, Indro sering tampil pada acara-acara musik jazz mengiringi Kenny Garret, Michael Colina, Dave Koz, serta Michael Lington.

Lahir di Jakarta, 14 Desember 1968, Indro Hardjodikoro mulai dikenal masyarakat luas saat bergabung dengan grup band Halmahera ditahun 1990an saat tampil di Gita Remaja yang disiarkan TVRI.

Musisi Erwin Gutawa tahun 1993 mengajak tur ke 5 kota di Amerika mengiringi Ruth Sahanaya, bersama dengan Tohpati, Uche Hariono, serta Aminoto Kosin.

Sekembali dari Amerika, Indro kerap bermain pada orkestra-orkestra termasuk yang dipimpin Erwin Gutawa sendiri. Indro juga menjadi session bass player mengiringi sejumlah artis penyanyi papan atas Indonesia.

Tahun 2002-2004, Indro sempat mengiringi Krisdayanti Show. Dan tahun 2007 Titi DJ menggelar konser solo pertamanya, Indro membantu Tohpati sebagai band pengiringnya.

Di tengah kesibukannya yang begitu padat atas kecintannya terhadap musik, Indro masih sempat meluangkan waktunya untuk belajar menambah ilmu seperti pada Indra Lesmana dan mengajar pada sekolah musik Dwiki Dharmawan.

Indro Hardjodikoro akhirnya kerap tampil pada acara-acara jazz di tanah air. Mulai dari Java Jazz, Jak Jazz, Ngayogjazz, Jazz Goes to Campuss dan banyak lagi dari tahun 1998 hingga sekarang.

Permainan bass Indro Hardjodikoro dijadwalkan juga akan memeriahkan pentas Jazz Traffic 2016 yang digelar di Grand City Surabaya pada 27 dan 28 Agustus 2016 mendatang.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs