Kamis, 16 Mei 2024

Dwiki Dharmawan dan Lea Simanjuntak Bakal Meriahkan JTF 2016

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Dwiki Dharmawan

Dwiki Dharmawan lahir di Bandung, Jawa Barat, 19 Agustus 1966 adalah seorang pemusik jazz senior asal Indonesia. Dwiki merupakan salah satu anggota grup musik Krakatau.

Penyanyi jazz berdarah Sunda ini mengawali karir profesionalnya pada tahun 1985, saat itu ia tergabung dengan grup musik Krakatau. Pada tahun yang sama, Dwiki meraih penghargaan The Best Keyboard Player pada Yamaha Light Music Contest 1985 di Tokyo, Jepang. Dwiki juga meraih Grand Prize Winner pada Asia Song Festival 2000 di Philipina.

Dilanjut pada tahun 1990, Dwiki mulai menekuni musik tradisional Indonesia. Karena dia berasal dari Sunda, ia mulai mengeksplorasi musik Sunda terlebih dahulu. Kemudian merilis album Mystical Mist serta Magical Match.
Dwiki juga bereksplorasi dengan berbagai kekayaan tradisi mulai dari Aceh, Melayu, Jawa, Bali, dan musik-musik Indonesia Timur. Pada tahun 2005, Dwiki menjadi co-music director untuk pagelaran musik spektakular Megalithicum Quantum di Jakarta dan Bali.

Bersama Krakatau, Dwiki telah berprestasi dengan berkeliling ke berbagai benua, di antaranya, Midem-Cannes 2000 Perancis, Sziget Festival 2003 di Hongaria, Lincoln Center Out of Door Festival 2004 di New York, North Sea Jazz Festival 2005 di Belanda, Montreux Jazz Festival 2005 di Swiss serta puluhan penampilan lainnya di Cina, Jepang, Australia, Spanyol, Bulgaria, Romania, Serbia – Montenegro, Republik Ceko, Republik Slovakia, Venezuela, Malaysia, dan Singapura.

Saat ini Dwiki mengelola sekolah Musik yang bernama Lembaga Pendidikan Musik Farabi yang memberikan pelajaran musik jazz, klasik maupun tradisional.

Sebagai insan musik, Dwiki juga aktif pada organisasi seni dengan menjadi anggota komite musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) serta menjadi Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Artis, Penata Musik dan Pencipta Lagu Indonesia (PAPPRI).

Pada PP Properti Jazz Traffic Festival (JTF) 2016 Beyond Space, yang digelar selama dua hari, 27 dan 28 Agustus 2016 di Grand City Surabaya, Dwiki Dharmawan yang tergabung dalam Jazz Connection akan tampil ditemani Lea Simanjuntak.

Lea Simanjuntak sendiri, pernah menjadi backing vocal sejumlah artis ternama seperti Musisi Chrisye, Krisdayanti, Nugie, Rio Febrian, hingga Erwin Gutawa.

Penyanyi kelahiran Singapura, 7 Juli 1979 ini, merilis album pertamanya yang bertajuk Bangun pada tahun 2004. Yang didominasi dengan musik pop dan benuansa akustik yang tergolong easy listening. Dari 11 lagu yang ada, 7 lagu diantaranya adalah ciptaan Lea sendiri.

Pada tahun 2011 Lea Simanjuntak juga tampil dalam konser a Masterpiece Of Erwin Gutawa bersama dengan sederet penyanyi senior seperti Iwan Fals, Rosa, Once dan Shandy Sandoro.(zha/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs