Kamis, 25 April 2024

Fusion Jazz Community Dengan Konsep Langka Akan Tampil di JTF 2016

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Fusion Jazz Community menghibur masyarakat Surabaya dalam acara MLD Spot Jazz in the City di depan Perpustakaan Bank Indonesia, Jumat (4/3/2016). Foto: Dok. suarasurabaya.net

Fusion Jazz Community adalah salah satu komunitas musik jazz yang ada di Surabaya. Dijadwalkan Fusion Jazz Community ini akan tampil di panggung PP Properti Jazz Traffic Festival (JTF) 2016 Beyond Space yang digelar Suara Surabaya Media, pada 27 dan 28 Agustus 2016.

Komunitas yang berusaha membangun konsep langka yaitu dengan membenturkan jazz dengan berbagai budaya dan seni, ada sekitar 13 musisi maupun budayawan yang terlibat dan berkolaborasi mulai dari seniman lukis, seniman tari, komunitas pecinta sejarah, seniman karawitan, musisi rock, saxophonist jazz, pianist Jazz sampai ke pengamen jalanan.

Fusion Jazz Community pernah tampil di MLD Spot Jazz in The City, acara dwimingguan yang digelar Suara Surabaya di depan Perpustakaan Bank Indonesia Jalan Taman Mayangkara Nomor 6 Surabaya, Jumat (4/3/2016) lalu.

Ucok salah seorang musisi Fusion Jazz Community mengatakan, acara MLD Spot Jazz in The City ini merupakan usaha untuk memasyarakatkan jazz. Sebab, selama ini jazz terkenal sebagai jenis musik yang susah dicerna dan diterima masyarakat banyak.

“Di awal pertunjukkannya waktu itu yang ditampilkan terlebih dahulu yaitu jazz murni atau jazz standar, setelah itu ditampilkan bagaimana jazz bisa nyambung dengan jenis musik lain seperti rock. Tujuan acara ini memang merubah pandangan bahwa jazz tidak melulu seberat apa yang dipikirkan orang,” kata Ucok.

Menurut Ucok, acara-acara jazz seperti ini sangat dibutuhkan oleh pecinta musik jazz sekaligus musisi jazz yang ada di Surabaya dan Jawa Timur.

Ucok mengatakan, bahwa musisi jazz di Surabaya dan Jawa Timur tidak kalah dengan kota-kota lain. Dirinya melihat musisi jazz di Surabaya dan Jawa Timur sangat beragam dan memiliki ciri khas.

Dengan konsep langkanya, Fusion Jazz Community tahun ini ikut meramaikan panggung PP Properti Jazz Traffic Festival (JTF) 2016 Beyond Space pada hari pertama 27 Agustus 2016 di Convention Hall Lantai 3 Grand City Surabaya. (iml/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs