Kamis, 18 April 2024

Lantunan Piano Jazz Idang Rasjidi Kembali Hadir di Jazz Traffic Festival 2016

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Idang Rasjidi Syndicate yang langsung dimotori Idang Rasjidi menghentak panggung JTF 2012 lalu. Penampilan Idang Rasjidi dengan musisi-musisi muda, memberikan sentuhan khas pada lantunan progressive jazz. Foto: Totok suarasurabaya.net

Idang Rasjidi, seorang musisi jazz Indonesia. Lahir di Pangkal Pinang 26 April 1958. Kemampuannya bermain Piano, membesarkan namanya di dunia hiburan Tanah Air.

Dengan alunan pianonya, Idang Rasjidi akan meramaikan panggung musik PP Properti Jazz Traffic Festival (JTF) 2016 Beyond Space yang dijadwalkan akan tampil pada hari Sabtu (27/8/2016) di panggung Convention Hall Grand City Surabaya.

Sebelumnya pada 2012 lalu, memainkan nada-nada cepat empat bar, Idang Rasjidi Syndicate yang langsung dimotori Idang Rasjidi menghentak stage A di Jazz Traffic Festival 2012, Sabtu, 24 November 2012. Penampilan Idang Rasjidi waktu itu dengan musisi-musisi muda, memberikan sentuhan khas pada lantunan progressive jazz yang mereka mainkan.

Awal karier Idang bermain musik dibuka ketika ia berkenalan dengan Abadi Soesman yang mengajaknya bergabung di sebuah acara paket anak-anak di TVRI. Saat itu ia tidak bermain piano, tapi sebagai pemain bass. Kemudian Idang dipercaya untuk mengisi keyboard di kelompok musik Abadi Soesman Band. Sejak itulah nama Idang Rasjidi mulai dikenal sebagi seorang pianis yang memiliki warna jazz.

Pianis Jazz ini juga pernah membentuk Jakarta All Stars bersama Kiboud Maulana, anggota grup lainnya terdiri dari alm. Embong Rahardjo (saksofone), Cendi Luntungan (drum), Jeffrey, dan Adjie Rao (perkusi). Banyak pentas jazzinternasional sudah Idang singgahi. Sedikitnya The Djakarta All Star telah empat kali tampil di arena North Sea Jazz Festival, Belanda.

Selain bersama para senior, Idang juga bermusik dengan rekan musisi seangkatannya. Bersama Indra Lesmana, ia membentuk Indra Lesmana – Idang Rasjidi Reformation Jazz. Kemudian bersama Candra Darusman, Jopie Item dan Hari Subardja, Uche Haryono, Tito Sumarsono, Idang terlibat dalam rekaman Tika Bisono dan Denny Hatami.

Pada tahun 1996 Idang merilis Solo albumnya yang berjudul Heaven and Earth dan satu album kolaborasi dengan Margie Segers berjudul Jazzy Christmas.

Di hari yang sama, panggung musik PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 Beyond Space yang diagendakan dua hari yakni pada tanggal 27 sampai 28 Agustus 2016 akan diramaikan juga oleh Yuka, Lyla, Danilla, Andre Hehanussa, Shierra Soetedjo dan masih banyak lagi.

Ada sekitar 200 musisi dengan 40 performances bakal memeriahkan PP Properti Jazz Trafiic Festival 2016 Beyond Spance. Hari pertama pada Sabtu, 27 Agustus 2016, bakal dimeriahkan penampilan Glenn Fredly, Fariz RM, GAC (Gamaliel Audrey Cantika), Maliq & D`Essentials, Idang Rasjidi, The Groove, Virzha, Sierra Soetedjo, Dua Drum, Alsa Quartet, Andre Hehanussa, MLD Jazz Project, Lyla, Danilla, Yuka, Korek Jazz, Best Friends Project, Trisouls, F Jazz C, dan Beat Project.

Pada hari kedua, Minggu, 28 Agustus 2016 musisi yang bakal tampil antara lain Ari Lasso, Dwiki Dharmawan Jazz Connection, Barry Likumahuwa, Andien, Tohpati, Sheryl Sheinafia, Dekat, Eva Celia, Monita Tahalea, The Overtunes, Indro Hardjodikoro, Fusion Stuff, HiVi, Eastern State Quartet, Tiwi Shakuhachi Dkk, Keroncong Liwet Java Kromatic, Vertical Band, ITS Jazz Band, Star Project Jazz, dan Semen Indonesia Jazz Band. (all/zha/ipg)

Teks Foto:
– Memainkan nada-nada cepat empat bar, Idang Rasjidi Syndicate yang langsung dimotori Idang Rasjidi menghentak stage A pada Jazz Traffic Festival 2012.
Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs