Minggu, 16 Juni 2024

Vokalis Sekaligus Musisi, Tiwi Shakuhachi Meriahkan Jazz Traffic 2016

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tiwi Shakuhachi dan akordion. Foto: Twitter Tiwi Shakuhachi

Tiwi Shakuhachi adalah vokalis sekaligus pemain sejumlah alat musik. Vokalnya yang berbeda cenderung unik ini sangat mencintai jazz.

Bersama kelompok musik Starlite, di tahun 2013 lalu, Tiwi tampil mengisi pentas Jazz Traffic Festival (JTF). Tahun 2016 ini, Tiwi didaulat tampil kembali memeriahkan Jazz Traffic Festival 2016 di Grand City Surabaya.

Piawai memainkan piano, accordion, di tahun 2014 Tiwi tampil energik dan luar biasa bersama Ina Ladies Band dipentas Jazz Festival 2014.

Memilih jurusan Karawitan Musik, Tiwi menyelesaikan kuliahnya di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), Bandung. Itu membawanya menjadi kenal dengan banyak seniman di Kota Bandung.

Tak kurang penyair WS Rendra mengajaknya tampil sepanggung mengiringi musik pada Jakarta International Java Jazz 2008. Dan pada Java Jazz Festival Internasional Jakarta 2007, Tiwi tampil bersama musisi senior Bambang Nugroho.

Tidak hanya berkolaborasi dan bermain dengan musisi lokal, atau seniman lokal, keterampilan Tiwi memainkan berbagai alat musik juga mengantarnya berkolaborasi dengan Tineke Postma saxophonist asal Belanda.

Tiwi membentuk sebuah grup band wanita beraliran jazz yang diberi nama Ina Ladies, tahun 2014 lalu. Dan 3 album lahir diantaranya Orang Pinggiran (lagu), Anak Tarsan, dan Reformasi.

Tahun 2016 ini, Tiwi Shakuhachi bakal tampil memeriahkan pentas Jazz Traffic Festival 2016 yang dijadwalkan digelar pada 27 – 28 Agustus 2016 mendatang di Grand City Surabaya.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs