Senin, 13 Mei 2024

Angka Tujuh Fourtwnty yang Menghipnotis

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Penampilan Fourtwnty di Indihome Stage Jazz Traffic Festival 2017. Foto: Totok suarasurabaya.net

Angka 7 mewarnai Penampilan fourtwnty di indihome stage sore ini. Angka 7 ini juga simbol bahwa mereka baru saja merayakan ulang tahun yang ke 7 April lalu. Apalagi, Jazz Traffic Festival kali ini adalah yang ke 7.

Maria Mursid, penyiar Suara Surabaya melaporkan penampilan Ari lesmana, nuwi, dan root begitu magis. Diawali hentakan dominan drum dan suara akustik khas mereka, langsung disambut hangat penonton.

Kadang mereka tepuk tangan dan juga terdiam menikmati musik fourtwnty .

Mereka membawakan beberapa lagu dari album mereka, Aku Bukan Binatang, Diam Diam Kau Bawa, Argumentasi Dimensi, disusul Puisi Alam.

Sebelum menyanyikan “Puisi Alam”, Ari Lesmana sang vokalis sempat ngobrol ke penonton, “bahagia itu sederhana,” yang langsung disambut nyanyian pelan penonton.

Belum selesai didsitu, fourtwnty langsung menggebrak venue dengan musik up tempo yang menutup lagu puisi alam.

“Tiap lagu fourtwnty selalu punya arti mendalam. Termasuk lagu ini yang saya tulis bukan untuk menyindir siapapun. Lagu ini lagu terbaru kami, yang jadi ost film,” ujar Ari. Seperti dikomando penonton menjawab, “zona nyaman”. Lalu ikut bernyanyi.

Penampilan fourtwnty mengalir. Komposisi selanjutnya, “Aku Tenang” agak berbeda. Penonton ikut bernyanyi, suara mereka menggaung di venue berpadu dengan suara musik fourtwnty . Seolah membuat paduan suara, mengiringi musik yang dimainkan dari atas stage.

Disusul lagu Indonesia tanah air beta, membawa suasana kemerdekaan 17 Agustus di stage.

Mereka lantas membawakan “Hitam Putih”. Disambut riuh penonton. Dan ditutup lagu “Fana Merah Jambu”.

Penonton fourtwnty tidak kalah antusias. Sebelum dimulai, mereka sudah memenuhi venue Indihome stage.

Tidak hanya anak muda, penonton usia dewasa juga terlihat menikmati musik acoustic folk yang dibawakan band indie dari jakarta ini.

Fourtwnty terkesan dengan pengalaman perdana mereka di Jazz Traffic. “Fortwenty sama sekali nggak jazz tapi di undang di JTF. Terima kasih sudah di undang. JTF menyengkan,” kata Ari.

Nuwi lantas menambahkan, “Semoga di usia ke 7 Jazz Traffic Festival semakin besar fourtwnty juga semakin besar. Penontonnya gila. Terimakasih sudah datang menonton penampilan kami,” ujarnya.

Fourtwnty merupakan band indi dadi Jakarta yang sudah punya 3 album. Mini album “Setengah Dulu” rilis pada Desember 2014. Pada Mei 2015, mereka rilis album pertama “Lelaku”.

Kemudian mini album terbaru April lalu, dirilis bersamaan dengan ultah mereka ke 7. Dengan single pertama “Zona Nyaman”. Musik-musik mereka banyak membawa pesan toleransi, kedamaian, dan pluralisme dengan konsep musiknya matang. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
30o
Kurs