Sabtu, 27 April 2024

Indra Lesmana Surya Sewana Meyuguhkan Musik Bernuansa Bali yang Menenangkan Jiwa

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Penampilan Indra Lesmana Surya Sewana featuring Dewa Budjana, di hari kedua IndiHome Jazz Traffic Festival 2018, Minggu (26/8/2018), mendapat sambutan hangat ratusan penikmat musik yang ada di Jazz Traffic Stage. Foto: jazztrafficfestival2018

Penampilan Indra Lesmana Surya Sewana featuring Dewa Budjana, di hari kedua IndiHome Jazz Traffic Festival 2018, Minggu (26/8/2018), mendapat sambutan hangat ratusan penikmat musik yang ada di Jazz Traffic Stage.

Sekitar pukul 18.30 WIB, Indra Lesmana, Dewa Budjana dan seluruh musisi pengiring yang kompak memakai baju warna putih, dan ikat kepala pria khas Bali (Udeng), naik atas panggung.

Pertunjukan Surya Sewana diawali mantra-mantra Bali, suara gesekan kontra bass dan bunyi lonceng, yang kemudian disusul dentingan piano, dan gamelan Bali.

Ratusan penonton yang menyaksikan ikut larut dalam irama musik bernuansa mistis sekaligus menenangkan jiwa.

Surya Sewana adalah album musik karya Indra Lesmana tahun 2017 berisikan delapan lagu yang saling terkait. Nama Surya Sewana berasal dari doa yang dipanjatkan Pedande Bali, menjelang matahari terbit.

Kedelapan lagu itu masing-masing berjudul, Mystical Glow, Sanur Reef, Tat Tvam Asi, Sang Hyang Legong, Bhatara Surya, Mantram 1 (Stillness), Mantram 2 (Peacefulness) Mantram 3 (Oneness).

Sebelum memainkan lagu ketiga yang berjudul Tat Tvam Asi, Indra Lesmana memperkenalkan satu per satu musisi yang berkolaborasi menggarap Album Surya Sewana.

Masing-masing Indra Gupta (kontra bass), Sandy Winarta (drum), Dewa Budjana (gitar), Subandi, Ngurah, Ade Sawitri, Aris, dan Gede Oke (tim gamelan dan perkusi).

Indra lesmana mengatakan, komposisi dalam album Surya Sewana ini baru pertama kali dimainkan live di luar Bali, yaitu di acara IndiHome Jazz Traffic Festival 2018.

“Surabaya adalah tempat pertama kali saya manggung tahun 1985 silam. Sekarang, Surabaya di Jazz Traffic Festival jadi yang pertama menyaksikan penampilan saya dan kawan-kawan memainkan Surya Sewana, di luar Bali,” ujarnya di Jazz Traffic Stage, Grand City Convex, Surabaya, Minggu (26/8/2018).

Usai memainkan lagu berjudul Sang Hyang Legong, Indra Lesmana meminta Subandi menampilkan keahliannya memainkan gendang.

Aksi solo Subandi memainkan gendang lalu disambung dengan karya berjudul Bhatara Surya, dan berakhir sekitar pukul 19.30 WIB. (rid/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs