Rabu, 24 April 2024

Tribute to Djaduk, Idang Bawa Lukisan Wajah Djaduk Ferianto

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Idang Rasjidi membawa lukisan wajah almarhum Djaduk Ferianto ke atas panggung Ngayogjazz, Sabtu (16/11/2019). Foto: totok suarasurabaya.net

Seniman punya banyak cara mengungkapkan duka. Idang Rasjidi musisi jazz senior Indonesia membawa lukisan wajah Djaduk Ferianto ke atas panggung Ngayogjazz, sebagai ungkapan duka atas meninggalnya sang sahabat.

“Ini ungkapan kehilangan sekaligus duka yang saya rasakan atas kepergian Djaduk. Diatas panggung ini, Djaduk menemani saya memainkan musik. Ini buat Djaduk,” ujar Idang, Sabtu (16/11/2019).

Diiringi petikan gitar Oele Pattiselanno dan beberapa musisi jazz muda indonesia, Idang menyanyikan komposisi ciptaan Armada yang berjudul Mau Dibawa Kemana.

Lagu pop yang dimainkan dengan sentuhan jazz lebih kental tersebut memberikan keleluasaan buat Idang untuk mengajak ‘Djaduk’ seakan berduet bersamanya.

“Saya langsung setuju waktu kawan-kawan menyampaikan akan menampilkan komposisi bebas buat Djaduk sebagai ungkapan duka. Dan inilah kemudian yang kami persembahkan buat Djaduk,” tambah Idang yang kali ini tidak memainkan piano atau keyboard seperti biasanya.

Menjelang bagian akhir penampilannya, Idang memanggil Petra istri mendiang Djaduk Ferianto ke atas panggung dan bernyanyi bersama, menuntaskan komposisi Mau Dibawa Kemana versi jazz.

Penampilan Idang Rasjidi kali ini secara khusus dipersembahkan untuk Almarhum Djaduk Ferianto sebagai inisiator Ngayogjazz yang setiap tahun hadir di Jogyakarta.

Tahun ini, Ngayogjazz hadir di Kwagon, Sidorejo Godean Sleman. Menghadirkan 7 panggung yang diisi musisi jazz dari berbagai generasi.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs