Rabu, 24 April 2024

Balai Teknologi Komunikasi Belajar ke Suara Surabaya

Laporan oleh Triono
Bagikan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pendidikan merupakan upaya dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan dan mengelola sistem dalam kegiatan belajar mengajar. Hal itu yang ingin dilakukan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) D.I. Yogyakarta dalam memanfaatkan kemajuan TIK saat berkunjung ke Radio Suara Surabaya Sabtu (18/10/2014).

Singgih Raharjo Kepala BTKP D.I.Yogyakarta mengatakan, pihaknya berkunjung karena ingin belajar mengembangkan dunia pendidikan di Yogyakarta melalui Radio Suara Surabaya.

“Sebelumnya, kami sudah punya inisiatif untuk berkunjung di Surabaya, karena ada sesuatu yang menarik dan unik di Suara Surabaya (SS). Apalagi, kami bekerja di bidang teknologi komunikasi pendidikan, siapa tahu dengan kami berkunjung bisa terinspirasi untuk mengembangkan kota pelajar di jogja,” kata Singgih.

Singgih bersama 30 orang dalam rombongannya mendapat pengalaman yang luar biasa mulai dari sejarah berdirinya Radio Suara Surabaya hingga berkeliling di tiap sudut ruangan kantor.

Di tempat yang sama, Isparwono Deanto Kepala Seksi Layanan dan Promosi BTKP D.I.Y mengatakan, ada banyak hal yang bisa diambil dalam kunjungannya tersebut.

“Di SS ada semacam interaksi problem solving yang ada di masyarakat, seandainya sistem seperti ini bisa kita gunakan untuk menangani kasus-kasus pendidikan, saya yakin ini tambah bagus,” kata Isparwono yang juga sebagai ketua rombongan.

Dia berharap, setelah berbagi pengalaman dengan Radio Suara Surabaya kedepannya, BTKP akan mencetak orang tua sebagai jurnalis.

“SS ini unik karena menggerakkan masyarakat dan memiliki 1 juta lebih jurnalis publik. Kedepannya, kami akan desain orang tua menjadi jurnalis publik dalam dunia pendidikan” ujarnya.

Di akhir kunjungan, BTKP juga saling bertukar cinderamata dengan Radio Suara Surabaya sebagai bentuk ucapan terima kasih sudah berbagi ilmu dalam penerapan jurnalistik radio. (ono/fik)

Teks Foto :
– Eddy Prastyo Manager New Media saat presentasi di hadapan BTKP.
– Singgih Singgih Raharjo saat diperlihatkan majalah SCG oleh Eddy Prastyo.

Foto : Triono suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs