Selasa, 30 April 2024

Reporter Suara Surabaya Juara Pertama Lomba Karya Jurnalistik

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Fatkhurohman Taufik (kiri) menerima piala dan piagam dari Soekarwo, Gubernur Jawa Timur. Foto : Istimewa

Fatkhurohman Taufik, Reporter Suara Surabaya Media kembali meraih penghargaan sebagai juara pertama Lomba Karya Tulis Wartawan (LKTW) yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Melalui karya jurnalistik berjudul “Melawan Stigma Penyakit Kusta” dan “Agar Pengumpul Pajak bisa Lebih Bijak” yang dimuat di www.suarasurabaya.net, Taufik panggilan Fatkhurohman Taufik berhasil mengalahkan tulisan dari puluhan reporter dari beragam media.

Tiga juri masing-masing Prof Sam Abede Pareno, Sirikit Syah, dan Tjuk Suwarsono menilai, karya Taufik sangat unik karena lugas, enak dibaca sekaligus memasukkan tiga unsur jurnalistik penting di dalamnya.

“Ada tiga unsur yaitu bahasa termasuk di dalamnya ekonomi kata dan ketapatan ejaan; serta kelengkapan berita dan ABC atau akurasi, balance dan clarity semua ada di tulisan Taufik,” kata Sirikit Syah.

Yang paling penting, kata dia, Taufik berhasil menyajikan berita secara akurat, jujur dan mengedepankan kebenaran.

Sirikit mengatakan, nilai paling tinggi dari tugas wartawan adalah bagaimana menyajikan fakta secara benar dengan penuh akurasi dan kejujuran. “Di tulisan Taufik ada kritik yang pedas tapi cukup membangun,” ujarnya.

Sementara itu, atas karya tulisnya ini, Soekarwo, Gubernur Jawa Timur secara langsung memberikan sebuah piala, piagam dan sejumlah uang tunai bagi Taufik.

Pemberian penghargaan sendiri digelar secara langsung bersamaan dengan penganugerahan terhadap puluhan masyarakat berprestasi dari berbagai profesi dalam Upacara HUT Pemerintah Jawa Timur ke 69 yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Minggu (12/10/2014) siang.

Bagi Taufik, penghargaan ini adalah yang kedua setelah tahun lalu dia juga meraih juara pertama di ajang yang sama. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs