Kamis, 2 Mei 2024

Seratus Mahasiswa Unair Belajar Media Konvergensi ke SS

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Seratus mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengunjungi Kampoeng Media Suara Surabaya di Jalan Wonokitri Besar 40 C, Surabaya, untuk mengetahui cara kerja radio dengan sistem konvergensi, Rabu (1/4/2015).

Di Kampoeng Media, para mahasiswa semester empat ini mendapatkan penjelasan singkat mengenai sejarah, visi, dan misi Radio Suara Surabaya oleh Yoyong Burhanudin, Manajer On Air Radio Suara Surabaya.

Rombongan ini juga mendapat kesempatan melihat langsung ruang Gate Keeper, ruang siaran, news room dan ruang redaksi suarasurabaya.net.

Salah seorang perwakilan rombongan juga sempat on air dan berinteraksi dengan Aries Widojoko, penyiar SS.

Rachmah Ida, Phd, dosen pendamping rombongan, mengatakan, kunjungan ini merupakan pendukung mata kuliah Pengantar Kajian Media.

“Untuk memberikan pemahaman awal kepada mahasiswa mengenai berbagai macam media. Kami memilih ke sini karena di SS sudah menerapkan sistem konvergensi. Apalagi Radio Suara Surabaya adalah leading media dan market leader bagi radio di Surabaya, bahkan Jawa Timur,” kata Rachmah Ida yang juga Dosen Komunikasi FISIP Unair kepada suarasurabaya.net.

“Dulu yang membuat berita hanya surat kabar, tetapi sekarang radio dapat mempoduksi berita,” tambahnya.

Rachmah Ida menambahkan, dengan interaksi dua arah dengan para pendengarnya, Radio Suara Surabaya telah mematahkan teori broadcasting media masa lalu yang hanya one way.

“Di SS ada saluran interaktifnya. Masyarakat ikut berpartisipasi memberikan informasi secara langsung di radio ini,” ungkapnya.

Di sela-sela kunjungan ke ruang siaran, salah seorang mahasiswa peserta kunjungan, Satrio Bagus Prabowo, mengatakan dirinya sangat senang dapat melihat secara langsung sistem kerja radio. “SS itu kan legenda, radio yang terkenal,” katanya.

“Saya sangat terkesan. Ternyata nggak serumit teorinya. Lebih fleksibel dan atraktif,” kata Mochammad Ali Irsyad, mahasiswa lainnya.(iss/ipg)

Teks Foto:
1. Mahasiswa Unair mendapat penjelasann sistem kerja di news room SS.
2. Saat di ruang New Media melihat langsung proses update di suarasurabaya.net dan sosial media.
3. Melihat lebih dekat di ruang Gate Keeper SS.
Foto: Ika suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs