Minggu, 19 Mei 2024

Pelajari Dunia Radio Sesungguhnya, UKM Radio UMMFM Berkunjung ke SS

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Radio UMMFM dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengunjungi Radio Suara Surabaya, Selasa (26/1/2016) untuk mengetahui dunia radio sebenarnya.

Indra satu diantara panitia kunjungan UKM Radio UMMFM ini mengatakan, kunjungan ini dalam rangka job trainning sebagai pembelajaran bagi anggota baru UMMFM.

“Puluhan mahasiswa ini memang anggota baru yang baru masuk ke radio. Ini sebagai pembelajaran agar mereka mengetahui seperti apa dunia radio sebenarnya sebelum nanti diterapkan di radio kampus,” kata Indra pada suarasurabaya.net.

Dalam rangkaian job trainning ini, mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas ini berkunjung ke beberapa radio yang ada di Malang dan Surabaya.

“Kita memilih Suara Surabaya karena SS ini merupakan salah satu radio terkemuka di Surabaya yang bisa kita jadikan acuan,” ujar dia.

Dalam kunjungan ini, puluhan mahasiswa ini juga tampak antusias menerima materi terkait radio dan tata cara penyiarannya oleh Errol Jonathan Direktur Utama Suara Surabaya.

Materi yang diberikan diantaranya etos seorang penyiar, apakah pendengar merasa terhibur atau tidak ketika seorang penyiar mulai mengudara, broadcaster without an audience you are wasting your breath.

Selain itu, seorang penyiar harus bisa menganggap pendengarnya sebagai teman atau talk to a friend sehingga saat menyampaikan pesan tidak terkesan kaku dan membaca.

Tak hanya itu, anggota UKM UMMFM ini juga berkesempatan mengunjungi ruang siaran dan gatekeeper Radio Suara Surabaya untuk mengetahui seperti apa cara kerja di dalamnya.

Selain itu, juga berkunjung ke dapur suarasurabaya.net dan media sosial Suara Surabaya mengetahui bagaimana produksi berita di media online dan media sosial. (dwi/rst)

Teks Foto:
– Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Radio UMMFM tampak antusias menerima materi terkait radio dan tata cara penyiarannya oleh Errol Jonathan Direktur Utama Suara Surabaya.
Foto: Dwi suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs