Senin, 29 April 2024

Penelitian Mahasiswa: Netter e100 Berperasa

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Adhi Kurniawan saat memberikan pemaparan pada kru Suara Surabaya Media, Foto: Pramudita Rah Mukti e100

Adhi Kurniawan salah satu mahasiswa Universitas Airlangga melakukan penelitian pada facebook e100 dalam tugas akhirnya. Dari penelitian berjudul “Intensionalitas dan Motif Pengguna Dalam Berpartisipasi Informasi pada Akun Resmi Media Sosial e100 Suara Surabaya” menemukan kesimpulan bahwa netter e100 itu berperasa.

“Contoh mudahnya, ketika mereka posting diapresiasi seperti direpost atau dilike akun resmi e100, ada kebahagiaan tersendiri. Ini yang mendorong mereka untuk berkontribusi (berkomentar, red) lagi,” kata Adhi pada suarasurabaya.net.

Adhi menceritakan, mengapa memilih e100 sebagai bahan penelitian.

“Saya menitikberatkan pada facebook e100 karena memiliki traffic, interaksi dan partisipasi pengguna medsos yang sangat aktif setiap harinya. Di situlah saya kontemplasi jadi penelitian saya,” ujar dia.

Adhi melihat, di laman e100 ini ada berbagai macam tindakan netter seperti kemarahan, kesedihan, hujatan, curhat dan lainnya. “Saya melihat ada faktor psikologis yang mengarahkan saya pada teori fenomenologi dimana pakarnya ketika saya baca pas dengan yang terjadi di e100,” katanya.

Kata Adhi, ada faktor psikologi yang di dalamnya terpengaruh kemampuan afeksi, kognisi, sehingga berbanding lurus dengan keseharian mereka waktu berjejaring sosial.

“Di situ saya menemukan data-data yang membuat saya semakin mantap meneliti aspek psikologi. Untuk menggali apa yang terjadi dan apa yang mereka pikirkan. Sebelum komen atau meninggalkan jejak digital di laman e100. Korelasi antara faktor emosi, psikologi ternyata berpengaruh dengan apa yang mereka posting baik di e100 atau di laman pribadi mereka,” ujarnya.

Dalam penelitian ini, Adhi menggunakan 27 netter e100 dari Surabaya, Bangkalan, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Pasuruan dan Malang. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs