Rabu, 17 Agustus 2022

KPI UIN Mataram Goes to Jatim Mengembara ke SS Buat Belajar Radio

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mahasiswa UIN Mataram jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam melihat proses produksi di Suara Surabaya Media, Jumat (22/7/2022). Foto: Dimas Ayuna suarasurabaya.net

Puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram jauh mengembara ke pulau Jawa untuk menimba ilmu di Suara Surabaya Media, Jumat (22/7/2022).

18 mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram ini ingin belajar ilmu radio dan melihat dari dekat aktivitas penyiaran di Suara Surabaya.

Risdayana Maghfiroh salah satu mahasiswi mengatakan, kesempatan ini sangat berharga bagi dirinya untuk bisa mengasah kemampuannya sebagai penyiar radio komunitas kampus.

“Kita bisa belajar mengenal lebih banyak tentang radio di Suara Surabaya,” kata Risdayana penyiar Simfoni FM di ruang siaran.

Mahasiswa UIN Mataram jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam menerima materi tentang seluk beluk Suara Surabaya Media dari Restu Indah penyiar SSFM, Jumat (22/7/2022). Foto: Dimas Ayuna suarasurabaya.net

Ia pun menyebut beberapa program di radio kampus tersebut di antaranya Suara Pagi Simfoni, Islam Talk dan Nuansa Dhuhur.

Sementara Agus Santhosa dosen yang mendampingi mahasiswa UIN Mataram itu menyebut, kunjungan bertajuk KPI Goes to Jatim ini sebenarnya sudah dijadwalkan pada 2019 lalu namun terhalang karena pandemi Covid-19.

Usai melihat cara kerja jurnalistik dan keradioan di SS, Agus mengaku sangat terkesan.

Sebelum diajak untuk melihat aktivitas siaran di studio, mahasiswa terlebih dulu dibekali ilmu tentang seluk beluk Suara Surabaya Media yang disampaikan Restu Indah penyiar.

Setelah itu mereka berkeliling melihat aktivitas di ruang produksi yang ada di lantai 3. Dalam momen itu mereka melihat langsung proses produksi berita di suarasurabaya.net dan pembuatan animasi berita oleh tim grafis.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
26o
Kurs