Kamis, 28 Maret 2024

Siswa Kursus Perwira Penerangan Kodiklatal Pungkasi Pelatihan di SS

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Supingah SPV New Media Suara Surabaya menjelaskan materi tentang penulisan berita kepada siswa Suspa Penerangan Kodiklatal, Kamis (21/10/2022). Foto: Dhafin suarasurabaya.net

Sebanyak 18 siswa Kursus Perwira (Suspa) Penerangan memungkasi diklat mereka menjelang penutupan pendidikan yang mereka jalani selama tiga bulan di Kodiklatal TNI AL, dengan mengikuti pelatihan broadcasting dan jurnalistik di Suara Surabaya.

Belasan peserta yang berasal dari bermacam satuan kerja TNI AL seluruh Indonesia di antaranya Lantamal III, Lantamal V, Koarmada I, AAL, dan Kodiklatal ini mendapat ilmu tentang dunia radio dan penulisan pada Rabu dan Kamis (19-20/10/2022) di Suara Surabaya Centre.

Mayor Laut (Kh) Erik Yusuf Kurnia Perwira Pembimbing Siswa (Pabingsis) Suspa Penerangan Sekolah Perwira Pusdikbanmim Kodiklatal Surabaya menjelaskan, tujuan kunjungan ke SS dalam rangka menjalani latihan praktik menjelang penutupan pendidikan (tupdik).

Siswa Suspa Penerangan Kodiklatal yang mengikuti pelatihan di Suara Surabaya, Kamis (21/10/2022). Foto: Dhafin suarasurabaya.net

“Mereka belajar selama 3 bulan, 2,5 bulan mempelajari teori kemudian dua minggu menjelang tupdik mereka lattek (latihan praktik). Kebetulan dari sekolah memilih SS karena sangat berhubungan langsung dengan siswa penerangan, dalam hal ini mereka lattek di Penerangan Kodiklatal,” kata Erik kepada suarasurabaya.net, Kamis.

Di hari pertama pelatihan, belasan siswa tersebut mendapat materi dari Adit Jufriansah penyiar Radio Suara Surabaya tentang broadcasting, lalu di hari kedua Supingah SPV divisi New Media berbagi ilmu tentang penulisan berita online.

Erik mengatakan, ilmu yang didapat para siswa Suspa Penerangan Kodiklatal ini akan diterapkan di Dinas Penerangan satuan masing-masing.

“Para siswa sebagian sudah dinas di bagian penerangan, ada yang jadi reporter dan penyiar juga. Ke depannya setelah mereka belajar di tempat kami, harapannya akan dan menempati jabatan yang ada dispennya. Nanti ke depannya mereka bisa share ilmu yang didapat selama 3 bulan di tempat kami,” pungkasnya.(dfn/iss)

Siswa Suspa Penerangan Kodiklatal yang mengikuti pelatihan di Suara Surabaya, Kamis (21/10/2022) berfoto bersama dengan crew SS. Foto: Dhafin suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs